Jurnal

Lagu Natal Bertema Rock Dan Metal image

Lagu Natal Bertema Rock Dan Metal

Menjelang akhir Desember lagu-lagu Natal mulai diperdengarkan di sejumlah ruang publik. Tak jarang juga para musikus mulai menyanyikan lagu-lagu Natal. Lagu-lagu Natal kerap bercerita tentang menyambut damai Natal yang dirayakan tiap tahun pada 25 Desember.

 

Spinal Tap - Christmas with the Devil 

Spinal Tap adalah band parodi yang menjiplak gaya kelompok heavy metal rock. Pertama kali muncul pada 1979 lewat stasiun TV ABC dalam acara The T.V. Show yang juga menampilkan Rob Reiner.

 

Pada 1984 Spinal Tap menjadi tokoh fiksi dalam film rockumentary This Is Spinal Tap. Band ini digawangi triplet Michael McKean sebagai David St. Hubbins, Christopher Guest sebagai Nigel Tufnel dan Harry Shearer sebagai Derek Smalls. Lagu Christmas with the Devil dirilis pada 1992 dalam bentuk vinyl.

 

AC/DC - Mistress for Christmas

AC/DC punya lagu bertema Natal berjudul 'Mistress for Christmas'. Dalam lagunya, band rock asal Australia ini mengakui semua kenakalan mereka ke Sinterklaas, dan bukannya perbuatan baik mereka di tahun tersebut. Terlihat dari lirik yang mereka tuliskan.

 

"Listen, I like female form in minimum dress

Money to spend with a capital S

Get a date with the woman in red

Wanna be in Heaven with three in a bed"

 

Amon Amarth - Viking Christmas

Amon Amarth muncul agak kekanak-kanakan di lagu bertema natalnya ini. Bagaimana tidak? Dalam liriknya, mereka mengakui meskipun 'haus darah' mereka tetap suka makan beragam kudapan saat sedang natal. Tapi tetap, lagunya dibalut dengan alunan melodic death-metal yang gahar dan tidak menghilangkan ciri khas dari Amon Amarth.

 

Dokken - Santa Claus is Coming to Town

​​

Band metal asal Amerika ini dibentuk pada 1979. Mereka kemudian sempat berpisah di tahun 1989 lalu kembali bersatu empat tahun setelahnya.

 

Lagu Santa Claus is Coming to Town merupakan lagu Natal yang ditulis oleh John Frederick Coots dan Haven Gillespie. Pertama kali lagu ini dinyanyikan oleh Eddie Cantor melalui siaran radio pada November 1934. Singel ini terjual instan sejumlah 500.000 kopi. Lebih dari 30.000 rekaman ikut terjual dalam sehari.

 

Lagu ini telah dinyanyikan oleh 200 artis di antaranya The Crystals, Mariah Carey, Bruce Springsteen, Frank Sinatra dan The Jackson 5.

 

Korn - 'Kidnap the Sandy Claws'

Selain 'Jingle Balls', salah satu band nu-metal pertama dunia ini punya lagu bertema natal lain berjudul 'Kidnap the Sandy Claws'. Lagu ini sendiri adalah cover versi keras dari soundtrack dalam film 'Nightmare Before Christmas' tahun 1993 lalu.

 

Lemmy, Billy F. Gibbons, Dave Grohl - 'Run, Rudolph, Run'

"Run, Rudolph, Run" juga adalah lagu wajib untuk menikmati Natal. Dari banyaknya musisi yang pernah mengaransemen (Chuck Berry hingga Keith Richards), Lemmy 'Motorhead', Billy F. Gibbons 'ZZ Top' dan Dave Grohl pernah membuat yang versi rock n roll yang dicampur dengan balutan musik metal.

 

Penulis: Bagus

Design: Bagus