Jurnal

Eratnya Musik Hip Hop dan Rap image

Eratnya Musik Hip Hop dan Rap

 

Awalnya pertumbuhan Hip-Hop dimulai dari The Bronx di kota New York dan terus berkembang dengan pesat hingga keseluruh dunia. Hip hop pertama kali diperkenalkan oleh kelompok Afro-Amerika yaitu Grandmaster Flash dan the Furious Five. Awalnya musik Hip-Hop hanya diisi dengan musik dari Disk Jockey lalu dibuat variasi dari putaran disk hingga menghasilkan bunyi-bunyi yang unik.  

 

Kemudian hadir beberapa orang disana yang menginisiasi untuk mengisi vokal pada lagu-lagu tersebut, teknik tersebut dinamakan Rap. Sejak itu musik hip hop sangat rekat dengan rap dan setiap musik hip hop biasanya akan diisi dengan rap.

 

Istilah hip hop diberikan oleh Keith "Cowboy" Wiggins, salah satu anggota Grandmaster Flash and the Furious Five, saat ia bercanda dengan temannya yang baru bergabung dengan angkatan bersenjata.

 

Pada perkembangannya hip hop juga dianggap sebagai bagian dari seni dan untuk mengekspresikan seni visual munculah graffiti sebagai bagaian dari budaya hip hop. Sebagian orang menukmati hip hop dengan head bang namun ada beberapa orang mengisi dengan koreografi, sedangkan untuk koreografinya tarian patah-patah yang dikenal dengan breakdance. 

 

Pembahasan atau isi dari lagu-lagu hip hop biasanya berisi kritik politik dan isu-isu lain di Amerika pada saat itu, seperti isu sara, rasisme, agama dan kekerasan. Isu-Isu tersebut sering dialami oleh penggiat dan komunitas Hip Hop tersebut. 

 

Masa keemasan hip hop dimulai ketika Run DMC mengeluarkan album “Raising Hell” pada tahun 1986, dan diakhiri dengan munculnya G-Funk pada tahun 1992. Masa ini lebih didominasi oleh musisi dari East Coast yang bermarkas di New York City. Label Def Jam Records menjadi salah satu label East Coast yang independen saat itu.

 

Beberapa tahun setelahnya dari wilayah West Coast, rapper mereka mulai besar, seperti Ice T, NWA, Mobb Deep, dan Tupac Shakur sukses menciptakan lagu gangsta rap dengan irama yang  gelap namun dibalut ketukan yang kencang. Gangsta Rap mulai menjadi sebuah musik yang sangat mainstream setelah munculnya Dr. Dre dengan lagunya yang berjudul The Chronic’s.

 

Hingga saat ini hip hop menjadi sangat berkembang hingga ke penjuru dunia, dan masing-masing negara memiliki ciri dan pembahasan dari musik hip hopnya masing-masing. Namun tetap dengan kaidahnya yang berisi kritik dan perlawanan terhadap tindakan negatif sosial.

Penulis: Toriq

Design: Adam