Jurnal

Master of Puppets, Billboard 100 dan Stranger Things 4 image

Master of Puppets, Billboard 100 dan Stranger Things 4

Karya band legendaris Metallica berjudul "Master Of Puppets" masuk dalam tangga lagu Billboard Hot 100 untuk pertama kalinya. Padahal, lagu itu sudah dirilis sejak tahun 1986. Mengapa demikian? Seperti diberitakan NME, semua itu terjadi karena lagu itu masuk dalam serial populer berjudul Stranger Things 4. Di satu bagian, aktor Joseph Quinn membawakan lagu dari band beraliran heavy metal tersebut. 

Joseph Quinn yang dalam film itu berperan sebagai Eddie Munson membawakan lagu tersebut dengan gitar. Scene tersebut langsung mengerek kembali popularitas dari lagu "Master Of Puppets", yang memang sudah hits di kalangan para penggemar musik rock. Meski sudah dirilis 36 tahun lalu, sekarang "Master Of Puppets" mengalami lonjakan dan berada di nomor 40 dalam tangga lagu Billboard Hot 100.

Band yang digawangi oleh James Hetfield, Robert Trujillo, Kirk Hammett dan Lars Ulrich itu sempat mengunggahnya melalui Instagram resmi pada hari Selasa 5 Juli, sembari memuji pencipta The Duffer Brothers.

“Kami sangat bersemangat bagi mereka untuk tidak hanya memasukkan 'Master Of Puppets' dalam pertunjukan, apalagi untuk memiliki adegan penting yang dibangun di sekitarnya," ujar Metallica. 

“Ini dilakukan dengan sangat baik, sangat bagus, sehingga beberapa orang dapat menebak lagu hanya dengan melihat beberapa detik tangan Joseph Quinn di trailer!!” 

Sementara itu, lagu "Running Up That Hill" milik Kate Bush, yang juga ditampilkan dalam Stranger Things 4 khususnya pada adegan yang menampilkan karakter Max (Sadie Sink). Sekarang, lagu tersebut duduk di posisi Nomor 4 di Billboard Hot 100 minggu ini. Lagu tersebut berhasil mencapai Nomor satu di UK Singles Chart.