Jurnal

Lika Liku Perjalanan Hidup Tom Delonge image

Lika Liku Perjalanan Hidup Tom Delonge

Thomas Matthew Delonge yang sering kita kenal sebagai Tom Delonge, lahir di California, Amerika Serikat, tahun 1975. Ia hidup berkecukupan sewaktu kecil, karena ayahnya bekerja sebagai kepala eksekutif perusahaan minyak dan ibunya bekerja sebagai broker hipotek. Sebelum tertarik masuk ke dunia musik, Tom bercita-cita menjadi seorang pemadam kebakaran. Namun setelah Tom mendapatkan gitar dari temannya, ia langsung senang bermain musik khususnya instrumen gitar. 

Ketika memasuki usia remaja ranah permusikan Tom semakin dalam, ia sering mendengarkan band-band seperti, Steve Little Finger, Fugazi, Descendents, New Order, Dephece Mode dan Dinosaur Jr. Namun dari beberapa nama tersebut yang sangat mempengaruhi Tom adalah Descendents. Descendents membuat Tom ingin berlatih gitar menjadi lebih cepat. 

Selain musik, saat remaja ia mulai mencintai skateboard, hal tersebut karena para musisi yang ia suka sangat identik dengan skateboard, dan saat itu California sangat terkenal dengan skena skateboardnya. Mulai saat itu Tom sangat menyukai musik dan skateboard, sampai ia berkata bahwa musik dan skate adalah nafasnya.

 

Setalah dikeluarkan oleh sekolahnya karena mabuk saat menghadiri pertandingan basket sekolah, Tom pindah ke Rancho Bernardo High School. Di situ lah Tom bertemu dengan Mark Hoppus dan Scott Raynor, lalu membentuk Blink 182. Saat itu ketika masih merintis bersama Blink 182, Tom bekerja di bidang konstruksi yang menangani perbetonan dan pipa-pipa saluran. 



Awal mula membentuk Blink 182 dengan Mark, Tom dan Mark membuat demo pertamanya dikamar rumah Raynor. Demo tersebut bernama ‘Flyswater’ pada tahun 1993. Selang satu tahun, mereka kembali ngeluarkan demo EP yang berjudul ‘Budha’ yang membuat mereka terkenal di wilayah San Diego, Amerika Serikat. Satu tahun setelah rilis demo, Blink 182 merilis album pertamanya yang berjudul ‘Cheshire Cat’ saat itu Tom sudah memliki karakternya sendiri dalam bernyanyi dan bermain gitar. Dalam album tersebut sosok Tom sangat menonjol dan menjadi identitas kuat Blink 182. Tom dan Mark akhirnya memecat Raynor karena perilakunya yang semakin buruk. Lalu Travis Barker menggantikan posisinya sebagai drum dan Blink 182 pun semakin menjadi terkenal.

Disela-sela itu semua Tom meresa ide yang tidak bisa dikeluarkan di Blink 182 harus direalisasikan, lalu Tom membuat Box Car Racer dengan Travis. Saat itu Tom merasa ia dapat berkarya diluar kebiasannya dengan Blink 182. Tidak hanya Box Car Racer, Tom juga membuat Angel & Airwaves sebagai alter egonya bermusik.

 

Tom mulai merasa lelah setelah waktu panjanganya bersama dengan Blink 182 tur dunia. Tom memutuskan untuk keluar, karena dirinya ingin bersama dengan keluarganya dirumah. Sebelum keluar dari band, Tom meminta untuk break saat tur dengan waktu yang sangat lama, yaitu 6 bulan. Hal tersebut di tolak oleh Mark dan Travis karena waktu yang terlalu lama. Tom pada akhirnya memutuskan keluar dari Blink 182.

 

Setelah 7 tahun keluar dari Blink 182, Tom Delonge kembali bergabung dengan band yang ia buat bersama sahabatnya Mark yaitu, ‘Blink 182’. Mereka akan memulai tur dunianya di tahun 2023 mendatang. 

 

Penulis : Toriq

Desain : Adam