Jurnal

Lagu Berbahasa Indonesia Musisi Luar Negeri image

Lagu Berbahasa Indonesia Musisi Luar Negeri

Nama Indonesia nampaknya sudah mendunia berkat beberapa hal. Seperti makanan, adat istiadat, keanekaragaman budaya, bahkan hal-hal buruk dari Indonesia pun mendunia, seperti kemcetan sampai polusi. Tapi beberapa musisi berikut ini membuat lirik berbahasa Indonesia yang cukup keren. 

 

1. J2O - Indomie

Begitu badainya fenomena ‘Indomie’ di Indonesia. Mulai dari kehebohan Thread Kaskuser, Dian Permana ‘Idiih Norak Banget Makan Indomie Kok Pake Nasi Sih’ yang kontroversial sampai rumor Indomie palsu dan kasus orang meninggal karena kebanyakan makan Indomie.

 

Berbanding terbalik dengan hal tersebut, J20 seorang Rapper asal Nigeria justru sangat mengagumi Indomie, ia membuat video musik dengan Judul Indomie lengkap dengan cuplikannya. Dimulai saat ia menyeduh Indomie di dapur bersama wanita-wanita, memamerkan stok Indomie di bagasi mobil, tas ransel sampai membagikan Indomie kerumah orang lain. 

 

Entah apakah ia seorang Indomie Holic atau sekedar lagu ‘sindiran’, yang pasti video yang diupload dirinya melalui laman Youtube telah ditonton lebih dari 700 ribu pengunjung dan mendapat 3900 respon komentar sampai hari ini.

 

2. The Secret Prostitutes - Bau Sampah

Jika lirik lagu-lagu band luar negeri diatas seputar tentang kelaparan, Indomie sampai Raja Singa. Lain lagi lirik lagu dari Band Punk asal Texas, The Secret Prostitues. Salah satu lagu andalan mereka berjudul Bau Sampah dan yang lainnya versi bahasa Inggris serta Spanyol. Usut punya usut lagu Bau Sampah diciptakan oleh pemain drumnya yang ternyata asli orang Indonesia

 

3. Fransoa - Aku Lapar

Jika anak-anak Punk Perancis mendengarkan lagu bahasa Indonesia Aku Lapar dari Band Fransoa ini mungkin mereka menyangka bahwa lirik lagu yang dinyanyikannya adalah tentang sesuatu pemberontakan, konspirasi, protes ataupun rasisme. Padahal jelas-jelas kalau kita sendiri tahu artinya Aku Lapar, ya sudah mutlak artinya pengen makan atau kebelet lapar. 

 

Dengan tema berbagai makanan khas kuliner Indonesia dalam video lagu band nya, lengkap dengan aksesoris kalung blingbling bertuliskan Krupuk, Bakso dan Rujak kalian pasti dibuat tertawa melihatnya. Tapi terus terang keren juga irama distorsinya. Sepertinya group band Fransoa ini sudah paham tentang Indonesia. Terbukti ia sudah beberapa kali bolak balik diundang oleh beberapa stasiun TV Indonesia.

 

Sepenggal Lirik Aku Lapar Fransoa, lagu band luar negeri bahasa Indonesia 

 

**Mie tuk tuk, bakso, ayam bakar, ikan goreng, ikan bakar, karedok, sayur ketupat

Resengan bumbu, paniki, papeda, kerupuk

Aku mulai lapar

Nasi goreng, campur, kuning, liwet, mie bakso, mie ayam, mie aceh, mie apa saja

Roti Cane, rica-rica, semur, tumpeng

Saya sudah lapar **

 

4. Arrington de Dionyso - Malaikat dan Singa

Bergenre Free Jaz mix Avant Garde. Grup Band Arrington De Dionyso asal Washington, Amerika ini sangat menyukai puisi, kesenian dan hal-hal yang berbau Indonesia. Dalam album lagu Malaikat dan Singa ciptaan mereka, kamu akan menemukan semua judul lagu sampai liriknya full bahasa Indonesia. 

 

Seperti Kedalaman Air, Nama Bersembunyi, Ruang dan Waktu, Cahaya Bahaya, Rasa Sentuh sampai judul lagu lainnya yang sedikit mesum yaitu Mani Malaikat, Mencerminkan Mani Malaikat (apa bedanya yah sama sebelumnya), Mahkota Kotor dan Mencerminkan Mahkota Kotor (lagi-lagi mirip hehehe).

 

5. David Bowie - Jangan Susahkan Hatiku (Don't Let Me Down)

Siapa yang tak kenal dengan David Bowie? Para penggemar musik pop rock pasti mengenal penyanyi yang terkenal dengan lagu Space Oddity-nya ini. Salah satu lagunya berjudul Don't Let Me Down diaransemen ulang dengan lirik versi bahasa Indonesia menjadi Jangan Susahkan Hatiku.

 

6. Orkestra Nina Bobo

Lagu pengantar tidur Nina Bobo yang biasa dinyanyikan ibu kita saat kita masih bayi ini juga laku keras di luar negeri. Banyak para musisi Orkestra dari berbagai negara yang menyanyikan lagu tersebut versi seriosa. 

 

Musisi-musisi orkestra ternama dunia yang pernah membawakan lagu nina bobo diantaranya Anneke Gronloh, Li Xiao Mei, Wieteke van Dort, Li Xia Mei, Gerrit Ellen dan Claudia Patacca. Dan uniknya lagu Nina Bobo tersebut saat dinyanyikan masih dipertahankan dalam versi bahasa Indonesianya.

Penulis: Bagus

Design: Bagus