Jurnal

Asal Nama Sebuah Band image

Asal Nama Sebuah Band

Kalian mengidolakan Foo Fighters? Atau Paramore? Atau Black Sabbath? Apa kalian tau dari mana asal muasal mereka memilih nama band tersebut hingga terkenal hingga saat ini? Berikut tim Rock Nation berikan asal muasal ditemuakannya beberapa nama band tersohor di dunia.

 

Black Sabbath

Seharusnya tidak mengejutkan untuk mengetahui bahwa para godfather heavy metal yang sebelumnya dikenal sebagai Earth dan Polka Tulk Blues Band mendapatkan nama mereka dari lagu klasik Mario Bava tahun 1963, Black Sabbath. 

 

Bring Me the Horizon

Sang vokalis, Oliver Sykes, pernah berkata bahwa nama bandnya tersebut sangat terinspirasi dari film Pirates Of the Carribean. Ia sangat terinspirasi karena kutipan dialog dari Johnny Depp dalam film tersebut yaitu “bring me that horizon’.

 

Dream Theater

​​

Nama band ini dicetuskan oleh ayah dari Mike Portnoy, yaitu mantan drummer dari Dream Theater sendiri. Ayah dari Portnoy saat itu sangat menyukai salah satu rumah film di California, dari situlah tercetus nama Dream Theater oleh ayahanda Mike Portnoy.

 

Paramore 

Trio power pop Paramore mendapatkan sebutan mereka dari kombinasi beberapa faktor. Dalam obrolan tahun 2006 dengan Europunk, Hayley Williams merefleksikan bahwa “Salah satu nama gadis ibu teman kami adalah Paramore, dan kami sangat menyukai suaranya. Kami mencarinya sekitar setahun kemudian dan menemukan bahwa itu berarti 'kekasih rahasia' dan 'untuk cinta' yang kami pikir sangat keren dan mewakili kami dengan baik. Tepatnya, kata aslinya adalah "paramour", dan fakta bahwa lagu-lagu awal seperti "All We Know" dan "Emergency" berhubungan dengan sakit hati menunjukkan betapa cocoknya branding tersebut.".

 

Foo Fighters

Nama Foo Fighters dicetuskan oleh Dave Grohl yang mendapatkan ide hasil dari membaca-baca banyak sejarah dunia. Foo Fighters adalah sebutan untuk UFO dalam Perang Dunia ke-2 saat itu. Dave Grohl saat itu juga berpikir bahwa Foo FIghters adalah nama band terbodoh yang pernah ia buat.

 

Green Day

Billie Joe Armstrong pernah berkata bahwa ia sangat kesal dengan orang yang memberi komentar tentang nama bandnya yang buruk. Ia tidak setuju dengan itu, karena menurutnya nama bandnya itu lebih buruk sebelum berganti menjadi Green Day. Green Day sebelumnya bernama Sweet Child. Akhirnya nama Green Day dipilih karena kesamaan hobi mereka, yaitu menghisap marijuana.

 

Guns N' Roses

Tracii Guns dari L.A. Guns, Rob Gardner dan Ole Beich secara resmi bergabung dengan Axl Rose dan Izzy Stradlin dari Hollywood Rose sekitar tahun 1985. Akhirnya mereka memikirkan sebuah nama baru yang berhubungan dengan kedua band mereka sebelumnya, dan tercetusnya nama Guns N Roses.

 

Led Zeppelin

Pada akhir 1960-an, Jimmy Page telah mapan sebagai anggota dari The Yardbirds. Setelah band itu bubar, Page mengajak beberapa musisi lain seperti Jeff Beck, Keith Moon, John Entwistle dan Steve Winwood untuk membuat supergrup, namun hal itu tidak pernah terealisasi. Akhirnya Page memulai The New Yardbirds dengan Robert Plant, John Paul Jones dan John Bonham. Terbentuklah Led Zeppelin dari The New Yardbirds.

 

Penulis: Bagus

Design: Bagus