Jurnal

R.I.P Andy 'Fletch' Fletcher image

R.I.P Andy 'Fletch' Fletcher

 

Andy Fletcher adalah salah satu orang memiliki talenta hebat, dia juga dikenal sebagai keyboardist band synth pop ternama Depeche Mode, tetapi sayangnya ia meninggal di usianya yang ke 60 tahun. Sampai saat ini penyebab kematiannya belum diketahui. Karena itu tim Rock Nation merekap sedikit perjalanan hidup Andy Fletcher.

 

 

Andrew John Leonard atau biasa dipanggil Andy Fletcher lahir pada tahun 1961 di Nottingham, Inggris. Sejak umur 15 tahun Andy hidup di era musik Punk, dan ia sangat senang dan beruntung hidup pada era tersebut. Kemudian Andy dipengaruhi oleh band-band seperti Siouxsie and the Banshees, the Cure, Kraftwerk, Early Human League, dan awal OMD.

 

 

Sejak sekolah Andy senang bermain musik dan membentuk sebuah band bersama temannya Vincent John Martin yaitu ’No Romance In China’ Saat itu ia bermain bass. Memainkan lagu-lagu dari band favorit mereka. Selain musik, Andy juga aktif dalam olahraga sepak bola di sekolahnya. dan sering mengikuti turnamen bola mewakili sekolahnya

 

 

Kemudian Pada tahun 1980 Andy Fletcher bertemu dengan Martin Gore di Pub Van Gogh yang berlokasi di jalan Paycocke, Basildon. Mengajak martin untuk membentuk sebuah band bersamanya dan Clarke. Saat itu mereka membentuk ‘Composition Of Sound’ dengan formasi ketiganya memainkan synthesizer. Lalu setelah itu Clarke mengajak Dave Gahan sebagai vokalis mereka. Setelah itu mereka mengganti nama band menjadi ‘Depeche Mode’ 

 

Karena sangat akrab dengan personil lain, Andy mendapat panggilan dari teman-teman bandnya, Yaitu ‘Fletch’ yang diambil dari nama belakangnya. Selain itu selama berkarir dengan Depeche Mode, Andy tidak pernah ingin namanya ditulis dalam credit penulisan lagu. 

 

 

Untuk mengisi waktu luangnya selama libur dari Depeche mode,Andy juga berkarir sebagai DJ, lalu melakukan tour ke tempat yang belum pernah didatangi oleh Depeche Mode. Salah satu contohnya adalah Warsaw, dan memiliki satu set remix eksklusif dari lagu-lagu Depeche Mode berjudul ‘One Night In Warsaw’.  Menurut media set remix tersebut banyak dibajak oleh orang-orang.

 

Pada musim panas tahun 1994 Andy divonis memiliki gangguan saraf total karena depresi yang dialaminya semakin dalam. Kemungkinan karena  dirinya melakukan serangkaian investasi buruk pada pertengahan 1990-an yang menghasilkan sejumlah kerugian uang. Depeche Mode dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2020.








Penulis: Toriq
Design: Toriq