Jurnal

Produsen Action Figure Bertema Musik dan Koleksinya image

Produsen Action Figure Bertema Musik dan Koleksinya

Action figure bukanlah sekedar mainan, produk ini adalah sebuah karya seni yang layak dikoleksi dan punya nilai jual yang tinggi. Spesifik berbicara mengenai action figure dengan tema musik, ada beberapa perusahaan yang membuat line khusus serta memproduksi berbagai koleksi action figure yang berbentuk band atau musisi favorit kita semua.

Pada kesempatan kali ini, tim Rock Nation akan membahas mengenai beberapa perusahaan atau brand yang memproduksi action figure musik. Simak pembahasan singkat kami yang dirangkum dari berbagai sumber.

Sejarah

Action figure adalah figur model karakter yang bisa diatur posenya, umumnya terbuat dari plastik, dan sering kali dibuat berdasarkan pada karakter dari film, buku komik, militer, video game, atau acara televisi. Sebuah action figure ini biasanya dipasarkan untuk anak laki-laki dan kolektor dewasa. Istilah action figure itu sendiri diciptakan oleh produsen mainan Hasbro pada tahun 1964 untuk memasarkan produk action figure dengan nama G.I. Joe yang dibuat untuk anak laki-laki.

 

Produsen Action Figure Bertema Musik

Spesifik mengenai action figure dengan tema musik, ada beberapa perusahaan dan brand yang merilis lini khusus dengan tema musik. Mereka merilis figure dari berbagai musisi serta band yang menjadi bagian penting dari industri musik global. Nama-nama besar seperti; Elvis Presley, Jimi Hendrix, Kiss, Iron Maiden, hingga musisi yang tergolong masih muda yaitu Billie Eilish punya action figure mereka masing-masing. Beberapa perusahaan dan brand terkemuka yang merilis action figure musik antara lain adalah:

McFarlane Toys

Didirikan oleh kreator komik Todd McFarlane pada tahun 1994. Perusahaan ini terkenal dengan model figur dengan detail yang berkualitas tinggi. Di tahun 1997, McFarlane Toys berkolaborasi dengan band rock terkenal Kiss untuk program pemasaran mereka. Perusahaan ini awalnya merilis komik dan figur yang bertemakan album Psycho Circus, yang dirilis Kiss pada tahun 1998. Hingga saat ini, McFarlane sudah merilis beberapa seri khusus action figure Kiss. Selain Kiss, beberapa band atau musisi yang pernah dirilis figurnya oleh McFarlane Toys antara lain adalah; the Beatles, Alice Cooper, Rob Zombie, Metallica, dan banyak lagi.

 

NECA

National Entertainment Collectibles Association (disingkat NECA) adalah produsen barang koleksi asal Amerika yang berlokasi di New Jersey. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1996 dan memiliki lebih dari 60 lisensi dari film, video-game, olahraga, musik, dan acara televisi. NECA sudah pernah merilis berbagai music figure, beberapa di antaranya adalah; Freddie Mercury, Kurt Cobain, Iggy Pop, John Lennon, dan Jimmy Page.

 

Super7

Didirikan pada tahun 2001, Super7® adalah rumah desain pop-culture ternama dan produsen untuk berbagai produk koleksi yang berbasis di San Francisco. Dipimpin oleh desainer Brian Flynn, Super7® membangun bisnis yang unik dan inovatif yang meliputi berbagai kategori dan tidak terikat oleh batasan tradisional. Hingga saat ini, mereka sudah merancang, memproduksi, dan mendistribusikan produk berlisensi resmi untuk untuk legenda musik seperti; Iron Maiden, the Misfits, King Diamond, dan banyak lagi.

 

Medicom

MEDICOM TOY adalah merek Jepang yang mengkhususkan diri dalam menciptakan mainan koleksi serta action figure, yang didirikan pada tahun 1996. MEDICOM TOY bertujuan untuk membuat karya seni yang dapat dikoleksi, sehingga produk mereka dijual dalam jumlah terbatas. Lini mainan mereka yang paling populer adalah seri BE@RBRICK, yang merupakan seri figur berbentuk beruang yang dicetak dengan desain berbeda. Selain BE@RBRICK, Medicom juga punya lini berbeda yang pernah merilis figure musisi terkenal seperti; The Rolling Stones, The Sex Pistols, Daft Punk, dan banyak lagi.

 

SEG Toys

Tidak banyak informasi yang bisa ditemui soal produsen mainan/action figure yang satu ini. Tapi mereka pernah merilis figur dari beberapa band terkenal seperti; My Chemical Romance, Good Charlotte, Green Day, dan The Offspring.

 

Playmates

Playmates Toys Limited adalah perusahaan mainan Hong Kong. Perusahaan ini didirikan di Hong Kong pada tahun 1966 oleh Sam Chan sebagai Playmates Industrial, memproduksi boneka untuk perusahaan lain. Pada tahun 1975, Playmates mulai memasarkan lini mainan pra-sekolah mereka sendiri, dan pada tahun 1977 membuka anak perusahaan Amerika di Boston. Anak perusahaan lainnya didirikan di California pada tahun 1983, dan pada tahun 1984 perusahaan tersebut go public. Playmates pernah merilis figure Michael Jackson pada tahun 2010 dan salah satu yang terbaru adalah figure penyanyi pop Billie Eilish pada tahun 2020 bekerja sama dengan Bravado.

 

Mego

The Mego Corporation adalah perusahaan mainan Amerika yang didirikan pada tahun 1954. Awalnya dikenal sebagai pemasok toko mainan, pada tahun 1971 perusahaan merubah bisnisnya dan menjadi terkenal karena memproduksi boneka berlisensi. Beberapa musisi yang pernah dirilis figure-nya untuk lini Music Icons oleh Mego adalah; Kiss, Elvis Presley, dan Jimi Hendrix.

 

The Loyal Subject

Lahir pada tahun 2009, The Loyal Subjects™ (TLS) adalah Rumah Kreatif yang memproduksi koleksi mainan dengan sebagai karya seni berkualitas dan bernilai. TLS sudah pernah merilis beberapa figure dengan tema musik seperti; Angus Young (AC/DC), Ozzy Osbourne, Slash, dan Kiss.

 

Funko

Funko Inc. adalah perusahaan Amerika yang memproduksi koleksi berbagai figur pop-culture berlisensi. Didirikan pada tahun 1998, Funko memiliki kantor pusat yang berlokasi di Washington, Amerika. Untuk koleksi figure musiknya, Funko memiliki lini Funko Pop! dan Vinyl Gold figure. Ada banyak sekali band atau musisi yang dibuatkan figure-nya oleh Funko, mulai dari Papa dari Ghost, hingga BTS. Saat ini rasanya koleksi Funko adalah yang paling mudah didapatkan, banyak pilihan, serta harganya relatif terjangkau.

Tentunya selain merek-merek tersebut di atas, masih banyak lagi produsen mainan yang mengoleksi action figure dengan tema musik.

 

Koleksi dengan nilai jual kembali yang menggiurkan

Ternyata mengoleksi action figure musik tidak hanya menjadi hobi yang menyenangkan, tapi juga bisa menjadi investasi. Sebagian koleksi action figure dengan tema musik memiliki nilai jual yang cukup tinggi, karena sebagian besar memang diproduksi dalam jumlah yang terbatas. Contohnya adalah figure Motley Crue produksi McFarlane Toys yang dijual terpisah dan juga paket lengkap dalam format boxset yang harganya bisa mencapai $300 dan dapat dipastikan akan terus naik karena jumlahnya yang terbatas.

Gimana? Tertarik untuk mulai mengoleksi action figure musik?

 

Penulis: Febri

Design: Adam