Kolaborasi merupakan salah satu strategi pemasaran yang saling menguntungkan. Hal ini juga yang menjadi tujuan kolaborasi antara band atau musisi dengan sebuah brand. Selain menghasilkan keuntungan secara finansial, kedua belah pihak juga bisa memperluas jangkauan pasar, dan menghasilkan inovasi serta produk baru yang menarik untuk fans dan konsumen. Berikut ini Tim Rock Nation hadirkan beberapa contoh kolaborasi seru sejumlah musisi dengan brand ternama
-
Lady Gaga x Oreo
Tahun 2021 lalu, Lady Gaga berkolaborasi dengan produsen biskuit Oreo. Dengan desain dan warna yang mencolok, biskuit ini terinspirasi dari album Lady Gaga berjudul Chromatica yang dirilis pada tahun 2020 silam. Berbeda dari biskuit Oreo standar, untuk produk kolaborasi dengan Lady Gaga ini biskuitnya berwarna pink dengan krim berwarna hijau. Kalau kamu penasaran, biskuit ini masih bisa ditemukan di berbagai marketplace lokal. Tapi jangan kaget, harganya lumayan mahal. Yang paling murah dijual mulai dari harga Rp 100.000,- hingga yang termahal di harga Rp 1.000.000,- untuk 1 bungkus ukuran 345 gram.
-
Supreme x Massive Attack
Brand streetwear Supreme memang punya tradisi rutin melakukan kolaborasi dengan banyak sekali musisi atau band. Mulai dari band rock The Velvet Underground, band hardcore Bad Brains, grup hip hop Public Enemy, band metal Slayer, dan masih banyak lagi. Salah satu yang menarik adalah saat mereka merilis capsule collection dengan grup trip hop legendaris Massive Attack pada tahun 2021 silam. Terinspirasi dari cover album Mezzanine yang dirilis pada tahun 1998, yang menampilkan foto kumbang rusa berwarna hitam karya fotografer Nick Knight, Supreme merilis koleksi yang menampilkan foto tersebut. Uniknya, dalam sebuah twit lewat akun resmi Massive Attack, mereka ini menyampaikan bahwa koleksi ini direncanakan dan dirancang tanpa konsultasi dengan mereka. Massive Attack tidak punya kepentingan komersial dalam proyek ini, namun memberikan persetujuan sebagai bentuk penghormatan terhadap Nick Knight.
-
BMW x Coldplay
Setelah merilis single “Higher Power” yang dipakai untuk iklan BMW iX dan i4, serta penampilan di dunia virtual BMW Joytopia pada tahun 2021. BMW dan Coldplay akan melanjutkan kolaborasi untuk rangkain tour album Music Of The Spheres yang rencananya akan dimulai pada tanggal 18 Maret 2022. Untuk tour ini, BMW akan menyediakan baterai untuk sumber energi yang digunakan pada saat melaksanakan pertunjukan. Dimana nantinya baterai-baterai itu bisa diisi ulang dengan menggunakan sumber energi terbarukan, yang salah satunya akan melibatkan fans yang datang pada saat pertunjukan. Proyek inovatif ini bertujuan untuk mengurangi jejak karbon yang dihasilkan dari keseluruhan rangkaian tour sehingga lebih ramah lingkungan.
-
PUBG x Blackpink
Grup K-pop Blackpink sudah melakukan kolaborasi dengan game multiplayer online PUBG sejak tahun 2020 dan sepertinya akan berlanjut lagi di tahun 2022 ini baik di platform PC maupun mobile. Di kolaborasi sebelumnya dengan PUBG, dirilis berbagai in-game items ekslusif dengan tema Blackpink, nah untuk tahun ini kabarnya akan dirilis voice pack Blackpink. Jadi nanti akan ada suara dalam permainan yang diisi oleh anggota girl band asal Korea Selatan ini. Lumayan unik juga bentuk kolaborasinya.
-
LEGO x Spice Girls
Masih ingat dengan Spice Girls? Grup pop ikonik asal Inggris ini kembali hadir dalam bentuk Lego. Diluncurkan untuk lini Lego BrickHeadz, masing-masing anggota Spice Girls ditampilkan dengan gaya khas mereka. Para penggemar akan langsung bisa mengenali Mel B dengan motif macan tutul, Mel C dengan setelan olahraga, Emma dengan baby dress berwarna pink, Victoria dengan dress berwarna hitam, dan tentu saja Geri dengan baju bermotif Union Jack. Koleksi ini berisi 578 keping Lego yang bisa dipasang menjadi figur utuh masing-masing anggota Spice Girls, dan dilengkapi dengan dudukan dan stand mic. Dilepas pada bulan Februari 2022, harga retail nya adalah $49,99.
-
McDonalds x BTS
Masih ingat dong dengan kolaborasi fenomenal ini. Dimana hampir semua gerai restoran cepat saji McDonalds dipenuhi orang-orang yang mengantri untuk mendapatkan menu khusus kolaborasi dengan BTS. Hal ini juga membuat kehebohan dan menjadi masalah tersendiri, karena kolaborasi ini diluncurkan di tengah-tengah puncak pandemi Covid-19 gelombang kedua di bulan Juni 2021 lalu. Secara menu, mungkin tidak terlalu spesial, tapi efek BTS sukses membuat banyak gerai McDonald diserbu oleh mereka yang memburu BTS meal.
-
Jagermeister x Seringai
Produsen minuman beralkohol asal Jerman, Jagermeister tidak hanya menggaet band rock Seringai sebagai brand ambassador mereka, namun sempat mengeluarkan beberapa produk kolaborasi juga. Salah satunya adalah merchandise berupa kaos yang diluncurkan bersamaan dengan rilis video musik “Ishtarkult” dari Seringai yang juga menghadirkan penyanyi Danilla sebagai vokalis tamu. Seperti biasa, merchandise ini langsung menjadi buruan fans Seringai dan juga kolektor.
-
Sepatu Compass x Tame Impala
Brand sepatu asal tanah air, Compass sudah berulang kali melakukan berbagai proyek kolaborasi dengan band atau musisi lokal. Namun kali ini untuk pertama kalinya mereka melakukan kerjasama dengan musisi asing lewat proyek kolaborasi bersama unit rock psikedelik Tame Impala asal Australia. Dengan ide untuk mentransformasikan musik Tame Impala menjadi bentuk grafis, hasilnya adalah koleksi khusus bernama Artificial Vibration ini terdiri dari 3 desain sepatu yang masing-masing diberi nama Spectrum 1, 2, dan 3. Resmi dijual pada tanggal 22 Januari eksklusif untuk pasar Indonesia melalui Tokopedia, kolaborasi ini mendapat sambutan yang positif dari publik.
Penulis : Febri
Design : Adam