Jurnal

Ciri Khas Gitaris Dunia Di Atas Panggung image

Ciri Khas Gitaris Dunia Di Atas Panggung

Musisi di atas panggung, pasti memiliki ciri khasnya masing-masing. Dari vokalis, sampai ke drummer atau musisi jenis lainnya, pasti memiliki ciri khas  yang membuat dirinya dikenal lebih dekat dengan para penggemarnya. Tanpa disadari, hal-hal yang menjadi ciri khas dari si musisi terbaik ini membuat mereka memiliki julukan di setiap penampilannya. Misalnya, Michael Jackson yang dikenal dengan moonwalk nya atau Chuck Berry dengan jalan bebek nya yang ikonik. Tapi, kali ini tim Rock Nation akan berikan beberapa gitaris dengan gaya ikoniknya saat di atas panggung.

 

Angus Young

Chord simpel di balik lagu “Back in Black” dan “Highway To Hell” dari ikon rock AC/DC adalah bukti betapa hebatnya Angus Young dalam menciptakan riff gitar yang ikonik. Dari gayanya yang nyaris gila sampai power chord-nya yang membahana, gitaris AC/DC ini menempatkan dirinya sebagai salah satu yang terbaik di dunia pergitaran.

 

Gitaris handal ini seringkali dianggap sebagai nyawa dari unit hard rock catchy kebanggaan benua kangguru. Young terkenal dengan aksi liar layaknya orang kesurupan di panggung namun tetap menghibur. Saat berada di atas stage, ia tampil begitu buas membuat para penonton terpukau serta turut ikut terbakar oleh kobaran semangatnya. Mulai dari jejingkrakan, berlarian hingga berguling tanpa kontrol di lantai panggung, ia lakukan demi memuaskan hasrat audiens. Dirinya juga mengadopsi gerakan “Duckwalk” milik Chuck Berry tapi dengan gaya pembawaan yang serupa tapi tak sama.

 

Jimmy Page

Di saat sesi tembang maut “Dazed and Confused” dan “How Many More Times”, nampak jelas sebuah busur biola ia arahkan ke senar gitar Epiphone andalannya, lantas gesekan tersebut menghasilkan nada kasar namun artistik tumpah melebur menjadi satu. “Violin Bow” seakan menjadi ciri khas seorang jenius musik bernama Jimmy Page. Dari awal karier manggung Led Zeppelin, dia tidak terlalu perlu melompat-lompat di atas panggung, cukup dengan lantunan dari irama gitarnya, penonton pun secara otomatis akan menganggukan kepala mereka.

 

Jimi Hendrix

Jimi Hendrix, sang dewa gitar dunia ini dikenal dengan skill permainan gitarnya yang bisa bikin semua orang yang menontonnya kagum. Aksi panggung Jimi Hendrix termasuk aksi panggung yang ikonik. Aksi panggung dengan memainkan sebuah instrumen gitar yang dipetik menggunakan giginya. Pasti kalian tau, kalau ia terkadang suka memetik gitar dengan giginya? Tapi, ternyata trik memetik gitar dengan gigi itu tidak beneran pakai gigi. Hanya aksi-aksi hebat saja. Kalaupun iya menggunakan gigi, berarti itu memang keahlian khusus dari Jimi Hendrix.

 

Chuck Berry

Mari kita bernostalgia dengan musik-musik dari Chuck Berry. Aksi panggung dari vokalis sekaligus gitaris ini juga sangat ikonik. Kalau kalian tau bebek, kalian pasti juga tau bahwa aksi panggung Chuck Berry mirip dengan jalan bebek. Jalan bebek Chuck berry ini jongkok, lalu kaki lurus satu, dengan memegang gitar dan loncat ke depan dengan kaki satu. Tentu sangat seru melihatnya, dan pastinya banyak menginspirasi musisi lainnya.

 

Pete Townshend

Di era 60’s sosok gitaris band rock tenar The Who begitu digilai para penggemar musik seantero dunia. Pesona liar namun karismatik ia tumpahkan sekaligus di setiap aksinya di arena stage. Bersama sang kompatriot Roger Daltrey mereka pun membius penonton dengan tingkah gila tapi keren. Terlihat saat sedang pentas di beberapa konsernya bersama The Who, Townshend gemar berdiri tegak sambil memutar-kibaskan tangannya ke arah senar gitar dengan beruang. Gerakannya ini layaknya menara kincir angin di tengah keramain crowd. Gerakan ikonik ini kemudian dikenal sebagai “Windmill”, layaknya seperti trick dunk di NBA.

 

Penulis : Bagus

Design : Adam