Jurnal

Band Grindcore Yang Dianggap Berpengaruh image

Band Grindcore Yang Dianggap Berpengaruh

Bertempo cepat, distorsi berat, dan penuh dengan amarah adalah sebuah gambaran dari genre grindcore. Mendiang Tony Christian sekaligus mantan vokalis Noxa, salah satu raksasa band grindcore di Indonesia pernah berkata bahwa musik grindcore adalah gabungan dari beberapa aliran musik seperti death metal, industrial, dan hardcore punk. Grindcore itu straight to the point, maka kebanyakan lagunya berdurasi pendek.

 

Selama tiga dekade, genre ini telah membuat kebrutalan yang hebat pada para fans yang menggandrungi musik jenis ini. Berikut tim Rock Nation berikan beberapa band yang dianggap berpengaruh di skena grindcore.

 

Napalm Death

Napalm Death adalah sebuah band grindcore yang paling bertahan lama. Mereka berasal dari Birmingham, Inggris. Awalnya band ini dibentuk di desa Meriden dekat Birmingham, Inggris pada tahun 1981 oleh Nicholas Bullen dan Miles Ratledge, dengan nama band Civil Defence.

 

Walaupun band-band lain telah lebih dahulu memainkan musik cepat dan agresif, Napalm Death selalu disebut-sebut sebagai definisi struktur musik genre grindcore melalui campuran post-punk, hardcore punk dan metal, bermain secara agresif, tempo yang cepat dan vokal yang dalam dan parau.

 

Grup ini menggunakan istilah “Grind” untuk menjabarkan musik yang mereka mainkan dengan referensi ke band post-punk Swans dari Amerika.

 

Terrorizer

Terrorizer adalah band grindcore yang dibentuk pada tahun 1986 di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Terrorizer dibentuk oleh anak-anak band yang sudah lebih  terkenal, seperti Jesse Pintado dari Napalm Death, David Vincent dan Pete Sandoval dari Morbid Angel.

 

Terrorizer merilis album perdana World Downfall, pada tahun 1989, Darker Days Ahead tahun 2006,dan band ini telah dinyatakan bubar.

 

Cattle Decapitation

Cattle Decapitation adalah band deathgrind dari San Diego, California, Amerika yang dibentuk pada tahun 1996.

 

Line up band saat ini adalah vokalis Travis Ryan, gitaris Josh Elmore, drummer Dave McGraw, dan bassis Derek Engemann. Cattle Decapitation telah merilis tujuh album, yang terakhir adalah The Anthropocene Extinction pada tahun 2015.

 

Brujeria

Brujeria adalah band Grindcore asal Meksiko yang dibentuk di Tijuana, Meksiko pada tahun 1989. Nama Brujeria sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang berarti “sihir”.

 

Lagu lagu yang mereka nyanyikan semua dalam bahasa Spanyol, dan kebanyakan bertema pada Satanisme, anti-Kristen, seks, imigrasi, penyelundupan narkotika, dan politik. Hal ini menggambarkan citra Meksiko dan sikap anti-Amerika yang berat. Sebagian besar anggota band  adalah lahir di Meksiko, Amerika, Swedia dan Inggris

 

Repulsion

Repulsion adalah band grindcore yang berasal dari Flint, Michigan, Amerika dan dibentuk pada tahun 1984. Band ini pertama di bentuk Matt Olivo dan Scott Carlson, dan Sean MacDonald, pada tahun 1984.

 

Band ini banyak dipengaruhi hardcore punk saat Phil Hines yang berasal band hardcore punk, yaitu Dissonance bergabung sebagai drummer. Sebelum bernama Repulsion band ini bernama Ultraviolence dan Genocide.

 

Nasum

Nasum adalah band grindcore dari Örebro, Swedia yang dibentuk pada tahun 1992. Band ini telah merilis empat album studio, Nasum telah berkembang menjadi “salah satu band yang extreme metal  diperhitungkan di Swedia.

 

Nasum dibubarkan setelah tsunami pada bulan Desember 2004 merenggut nyawa  Pentolan band ini, Mieszko Talarczyk. Pada tahun 2012, Nasum bersatu kembali dengan frontman Rotten Sound Keijo Niinimaa menggantikan tempat Talarczyk dalam tour anniversary  ke 20 band ini.

 

Pig Destroyer

Pig Destroyer adalah band grindcore dari Alexandria, Virginia, Amerika Serikat. Band ini dibentuk pada tahun 1997 dengan vokalis J. R. Hayes, gitaris Scott Hull, dan drummer John Evans. Evans kemudian digantikan oleh Brian Harvey.

 

Scott Hull mengklaim bahwa mereka memilih nama band dengan kriteria menghina, namun agak lebih kreatif daripada nama band terakhirnya, Anal Cunt. “Pig Destroyer” (“babi” adalah  istilah slang Amerika yang merendahkan polisi).



Penulis : Bagus

Design : Geordy