Jurnal

Band-Band Tribute Ternama image

Band-Band Tribute Ternama

Di dunia musik mungkin kita sudah tidak asing dengan yang namanya 'band tribute’. Band tribute adalah sekelompok musisi dan penyanyi yang tampil memainkan musik dari band terkenal yang biasanya sudah bubar atau tidak aktif lagi, tapi ada juga band tribute yang masih memainkan karya-karya band yang masih ada dan masih aktif berkarya sampai sekarang.

 

Kebanyakan band tribute lahir karena memang mereka adalah fans dari band aslinya atau karena mereka suka dengan genre dari band asli tersebut. Bukan hanya membawa kembali lagu-lagu dari band asli, tapi dari gaya berpakaian sampai gaya manggung pun juga ditiru. Berikut tim Rock Nation berikan siapa saja band tribute yang sudah meroket namanya.

 

BC/DC

Band tribute satu ini sudah pasti bisa ditebak mereka mengidolakan siapa. Dari segi nama, mereka sangat mirip dengan AC/DC dan mereka pun pernah berdebat siapakah yang menjadi band tribute antara AC/DC dan BC/DC. BC?DC beranggotakan Brian “Bon” Johnscottson pada vokal, Marc the Sharc lead gitar, Mangus Hung rhythm gitar, Spliff Swilliams pada bass, dan Simon Write-Off sebagai penggebuk drum.

 

Lez Zeppelin

Lez Zeppelin adalah band yang mendedikasikan seenuhnya band ini untuk legenda Rock n Roll dunia, Led Zeppelin. Band ini dibentuk di kota New York tahun 2004 dan beranggotakan Joan Chew sebagai bassist, vocalist dipegang Marlain Angelides, sang drummer Leesa Harrington-Squyres, dan Steph Paynes sebagai gitaris yang semuanya adalah wanita.

 

Gabba

Gabba secara informal dibentuk pada tahun 1996 oleh Stig Honda yang menggabungkan pop disko Abba dan punk rock dari Ramones dan menciptakan aliran bernama "disco-punk". Pada tahun 1999, band ini mengambil nama "GABBA, The Discopunk Sensation". Nama tersebut merupakan akrostik pada nama panggilan anggota, menggemakan "gabba gabba hey!" paduan suara dari lagu Ramones "Pinhead" dan nama ABBA.

 

Mini Kiss

Mini Kiss adalah band penghormatan Kiss yang seluruhnya terdiri dari orang-orang kecil. Pendirinya adalah Joey Fatale di New York City, tempat Kiss dimulai.

 

Band ini membuat cameo di serial televisi Z Rock dan juga membuat cameo di salah satu iklan Dr Pepper Cherry TV "A Little Kiss" berbagi panggung dengan Kiss yang sebenarnya. Fatale meninggal pada 7 Agustus 2011. Mini Kiss masih melakukan tur dan pertunjukan.

 

The Iron Maidens

​​

Berbeda dengan band rock atau metal kebanyakan, The Iron Maiden bukanlah band yang diisi oleh rocker cowok berambut gondrong dan penuh tato. Sebaliknya, band ini digawangi oleh lima cewek cantik dan seksi yang dijamin bakal membuat mata kaum adam sulit berpaling jika sudah melihat mereka.

 

Kelima personel The Iron Maidens itu adalah Kirsten Rosenberg alias Bruce Chickinson, Nita Strauss alias Mega Murray, Courtney Cox alias Adriana Smith, Wanda Ortiz alias Steph Harris, dan Linda McDonald alias Nikki McBurrain.

 

The Iron Maidens bukanlah band parodi dari Iron Maiden. Sebaliknya, mereka adalah para penggemar sejati Iron Maiden, yang kemudian tergerak membangun sebuah band tribute yang menyanyikan lagu-lagu Iron Maiden. Dari sanalah awal berdirinya Iron Maiden, yang resmi didirikan pada tahun 2001 silam.

 

The Ramonas

Ada yang mengatakan memainkan lagu-lagu Ramones itu mudah, tetapi menangkap getaran dan esensi dari band yang sangat dicintai dicampur dengan kecepatan, stamina, dan daya tahan yang dibutuhkan, bukanlah hal yang mudah. Cloey, Pee Pee, Rohnny & Cammy adalah sekelompok wanita yang kuat untuk membawakan itu semua, dan mereka menjuluki nama mereka sebagai The Ramonas. Seperti namanya, The Ramonas adalah tribute berisikan wanita untuk band Punk Rock ikonik asal New York, Ramones.

 

Awalnya disusun kembali pada tahun 2004 dengan beberapa lineup yang berbeda, The Ramonas telah berkembang menjadi band live yang sangat matang dan tajam dengan gaya mereka sendiri.

 

Beatallica 

Siapa bilang The Beatles tidak bisa didengar bersama Metallica? Beatallica membuktikannya. Tak cuma musik dan lirik, mereka juga mencampur judul-judul lagu kedua band. Mereka punya sepuluh album, meyakinkan bisnis ini memang sungguh-sungguh. Proyek ini didirikan pada tahun 2001 secara iseng oleh vokalis Jaymz Lynnfield dan gitaris Krk Hammetson.


Penulis : Bagus

Design : Geordy