Jurnal

Musisi Dan Gitar Signaturenya image

Musisi Dan Gitar Signaturenya

Setiap gitaris pastinya punya minimal satu gitar yang mereka pakai, entah itu untuk sesi rekaman ataupun untuk aksinya di atas panggung. Beberapa musisi dunia pun pastinya memiliki gitar andalannya, bahkan merek gitar ternama pun tidak ragu untuk menggaet dan mengendorde mereka. Berikut tim Rock Nation siapkan untuk kalian beberapa musisi yang memiliki gitar signaturenya.

John Mayer - Fender Stratocaster.

Siapa yang tidak kenal dengan John Mayer ? Penyanyi sekaligus Gitaris blues paling dilirik wanita jaman sekarang. Tampan, suara merdu, dan permainan gitarnya yang sangat memanjakan telinga pendengarnya.

 

Sesuai dengan gaya permainan John Mayer, Fender sebagai perusahaan gitar paling besar membuatkan gitar signature miliknya. Menggunakan headstock Fender Stratocaster Vintage, gitar ini ditanamkan juga tiga pickup single coil yang khusus untuk mengurangi suara buzz yang ada. Gitar John Mayer ini mirip dengan gitar milik Stevie Ray Vaughan.

 

Nah, karena John Mayer memang berpatok pada SRV, otomatis gitar signaturenya tidak perlu terlalu noise. Ditambah dengan blues chord lembut ala BB King.

 

Tom DeLonge - Gibson ES 333

Tidak perlu jadi anak punk untuk suka dengan Tom DeLonge. Aksinya sejak bersama Blink 182 memang terbilang keren. Tapi untuk frontman paling nyentrik ini, dia punya dua signature gitar.

 

Setelah, Fender Stratocaster Yellow, Tom mendapatkan ES 333 dari Gibson. Gitar khusus yang hanya memakai satu pickup humbucker ini memang punya karakter dari Tom. Pickup pada gitar ini cuma ada satu pada posisi bridge. Persis Stratocaster miliknya di Blink 182, pickup ini disebut Dirty Finger Humbucker.

 

Meski Humbucker terkenal dengan output sound besar dan anti noise, Tom justru menghasilkan suara gitar yang sustainnya tipis, dan sound crunchy ala musik punk.

 

Dave Mustaine - Gibson Dave Mustaine Flying V EXP Metallic Silver

Pentolan band’ Megadeth, Dave Mustaine, baru-baru ini mengumumkan dirinya sebagai brand ambassador terbaru gitar Gibson. Mustaine mengumumkan kemitraannya bersama Cesar Gueikian, Chief Merchant Officer dari Gibson Brands melalui video YouTube dan media sosial. Gibson bakal memproduksi gitar listrik dan akustik model signature Dave Mustaine di tiga brand afiliasi Gibson, yaitu Gibson, Epiphone, dan Kramer.

 

Meskipun Gibson belum mengumumkan secara resmi dari tiap modelnya, perusahaan ini telah membagikan gambar prototipe dari empat gitar Mustaine. Deretan gitar ini termasuk Gibson 30th Anniversary ‘Rust in Peace’ Edition, Gibson Dave Mustaine Flying V EXP Metallic Silver, Kramer Dave Mustaine Flying V Vanguard Natural, dan Gibson Acoustic Dave Mustaine CF-100 Blood Burst.

 

Selain instrumen fisik, Mustaine akan bergabung dengan Gibson Artist Alliance, sebuah forum artis yang berafiliasi dengan Gibson, yang berpartisipasi dalam kesempatan bimbingan dan filantropi. Dia juga akan ditampilkan dalam “konten asli dan proyek khusus” di berbagai platform Gibson.

 

Billy Joe Armstrong - Les Paul Junior Double Cut

Billy Joe yang mengawali Green Day dengan musik punk rock memang tidak mungkin bisa ditawar lagi. Skill dalam memainkan gitar, menulis lirik, dan aksi panggungnya membuat semua orang pasti melirik kebiasaannya dalam bermusik.

 

Billy memakai Gibson Les Paul Junior Double Cut. Dengan menggunakan body Les Paul Junior, Billy joe hanya menanamkan pickup humbucker P90 pada bridge gitarnya. Meski sound terlalu tajam untuk lead-rhythm, Billy tentunya punya caranya sendiri dalam bermain gitar racikannya.

 

Jim Root - Jazzmaster Satin Black

Pasti kalian pernah dengar nama band Slipknot. Meski sekarang sudah mempunyai gitaris baru, tapi Jim Root yang telah meninggal justru meninggalkan banyak hal bagi semua orang.

 

Dengan gitar hitam dan dibalut cat dope, gitar Jazzmaster milik Jim Root termasuk gitar dengan sound mengerikan yang pernah ada. Dua buah pickup humbucker milik EMG, bridge dan neck ditanamkan EMG 60 dan EMG 81. Desain yang tidak rumit, tetapi tetap tampil gahar di atas panggung. Gitar ini termasuk gitar yang wajib dimiliki sebagai salah satu koleksi di rumah.

 

B.B King - Gibson ES 335 Memphis B.B King Lucille

Sesuai dengan namanya, B.B King tampil berbeda dengan kebanyakan gitaris blues lainnya. Dengan gitarnya yang mempunyai sejarah sendiri, B.B King menamainya Lucille. Gitar buatan Gibson dengan body semi-hollow ini sebenarnya dibangun dari Gibson ES 335. Cukup dengan dua buah pickup humbucker dengan sound low yang cukup keras tapi lembut saat bermain dengan sound high. 

 

Meski terlihat bongsor dibandingkan dengan gitar-gitar lain milik Gibson, gitar ini tidak setebal yang kalian lihat dan cenderung seperti body Les Paul. Untuk kalian yang suka blues dan bermain dengan nada-nada lembut, gitar Lucille bisa menemani kalian dalam bermusik.  Tapi hati-hati, terlalu lembut, malah jadi jazz.

 

Matt Bellamy - Manson MB-1S

Untuk si profesor musik ini beda cerita. Tidak menggunakan gitar-gitar dari pabrikan besar seperti kebanyakan musisi, Matt memilih Manson dan membangun gitar uniknya sendiri.

Dengan menggunakan pickup humbucker milik Manson, gitar Matt ini mampu mengeluarkan high gain crunch dari pickup bridge seperti di lagu Hysteria dan Supermassive Black Hole. 

 

Jika diperhatikan, setelah bridge, ada midi touchpad. Efek ini dihubungkan Matt ke berbagai macam efek yang digunakan. Hasil soundnya sudah pasti menjadi mewah dengan kombinasi tersebut.

 

Kalau kalian suka bereksperimen, gitar ini bisa menjadi teman yang baik untuk memancing ide gila kalian keluar. Tinggal tambahkan efek sesuai kebutuhan, sound ala musik luar angkasa atau luar galaksi yang siap keluar dari amplifier kalian.

 

Penulis : Bagus

Design : Geordy