Jurnal

Musisi Dan Basket image

Musisi Dan Basket

Musik dan basket merupakan dua hal yang sulit untuk dipisahkan. Seperti sepak bola yang populer di kalangan musisi rock, NBA memiliki pasarnya sendiri, mayoritas adalah rapper atau musisi hip-hop. Tapi, tak jarang musisi di luar genre hip-hop datang langsung pada pertandingan NBA, biasanya mereka juga kerap kali bermain pada Celebrity All-Star. Berikut tim Rock Nation berikan beberapa musisi yang menyukai olahraga basket.



Drake 

Drake adalah putra asli Kota Toronto. Sejak lahir, pria dengan nama lengkap Aubrey Drake Graham itu tumbuh di Toronto sebelum memulai karier di Amerika Serikat. Kecintaan Drake terhadap Raptors tentunya tidak bertepuk sebelah tangan, bukan sekedar fan, pihak klub mengangkat pria berusia 33 tahun itu sebagai Duta Raptors Internasional sejak 2013.

 

Eminem

Sebagaimana anak-anak Amerika Serikat pada umumnya, Eminem tentu mencintai NBA. Lahir di Saint Joseph, pria bernama asli Marshall Bruce III itu tumbuh di Kota Detroit. Eminem sangat mencintai kotanya tersebut, bisa dibilang dia terobsesi dengan segala sesuatu di dalamnya. Dari situ bisa diketahui kalau pria berusia 47 tahun itu merupakan penggemar Detroit Pistons.

 

Melalui filmnya yang berjudul 8 Mile, Eminem menunjukkan kecintaan terhadap Pistons. Rapper legendaris itu juga berkali-kali menyaksikan Pistons berlaga. Pistons sempat bermain di luar Kota Detroit selama 39 tahun, sebelum bermarkas di Little Caesars Arena. Dalam prosesi kembalinya tim itu ke Detroit, Eminem melakukan penyambutan.

 

Flea

Sejak bergabung dengan grup musik Red Hot Chili Peppers yang sangat mencintai kota itu, kecintaan Flea terhadap Los Angeles semakin besar. Seperti mayoritas penduduk kota itu, Flea mendukung Los Angeles Lakers.

 

Di sela waktu luangnya, Flea kerap menyempatkan diri untuk datang ke Staples Center menyaksikan Lakers bertanding. Tak hanya sendirian, terkadang dia bersama rekan satu band-nya, Anthony Kiedis. Kecintaan Flea terhadap Lakers tidak cukup sampai di sana. Pria yang kini berusia 57 tahun tersebut meminta produsen alat musik ternama, Fender, untuk membuatkannya bass dengan motif Lakers.

 

Rekti Yoewono

Pentolan band The SIGIT satu ini, hobinya selain bermusik yakni bermain Skate juga bermain basket. Rekti mengaku sudah menyukai basket sejak SD dan pemain basket yang paling disukai salah satunya yaitu Michael Jordan, namun diluar bermusik Rekti juga menyimpan cita-citanya menjadi pemain basket setelah mengagumi Spud Webb yang menjuarai Slam Dunk contest ditahun 1986.

 

Snoop Dogg

Musisi yang identik dengan cerutu dan marijuana ini, memang tidak terlihat atletis untuk ukuran orang yang menyukai olahraga. Tapi tanpa diketahui, ia adalah seorang fans dari klub basket NBA, Los Angeles Lakers. Beberapa kali saat Lakers sedang menghadapi tim-tim besar, Snoop Dogg sering kali hadir juga sebagai pendukung bahkan terkadang ia sering mengambil alih sebagai komentator lapangan.

 

Tuantigabelas

Rapper satu ini juga adalah penggemar basket, sekaligus penggiat basket. Tuantigabelas atau yang akrab dipanggil Upi ini, memang seorang penggiat basket di Indonesia. Ia masuk ke dalam tim streetball Jakarta dan berhasil mencuri perhatian dengan penampilannya di L.A Streetball. Tapi, sayangnya ia harus pensiun dini dari dunia basket karena cederanya yang semakin parah.

 

Eddie Vedder

Banyak yang tidak menyadari kalau Eddie Vedder adalah penggemar berat Chicago Bulls. Bukan tanpa alasan, pasalnya Vedder tidak berasal dari Chicago. Bentuk kecintaan vokalis grup musik Pearl Jam itu ditunjukkan dengan lagu karangannya yang berjudul Black, Red, Yellow yang menceritakan tentang Chicago Bulls pada era Dennis Rodman, Michael Jordan, dan Phil Jackson. Di lagu tersebut, Rodman turut menyumbangkan suaranya. Selain itu, ternyata Vedder pernah mengajak Rodman naik ke atas panggung saat Pearl Jam melakukan konser di Chicago pada 2016.

 

Prince

Musisi yang meninggal ditahun 2016 ini jarang diketahui orang-orang sebagai penggemar olahraga basket. Mungkin tidak banyak yang tau juga, musisi rock ini memiliki kedekatan dengan klub basket NBA, Minnesota Timberwolves. Penggemar setia Timberwolves dan Prince diketahui saling menghargai satu sama lainnya sepanjang masa hidup Prince. Alasan lainnya mereka saling menghargai yaitu karena Prince adalah warga asli Minnesota dan juga kebanggaan warga Minnesota dengan karya-karyanya.

 

Penulis : Bagus

Design : Geordy