Jurnal

Ajang Penghargaan Musik Bergengsi Di Dunia image

Ajang Penghargaan Musik Bergengsi Di Dunia

Penghargaan untuk beberapa musisi memang gak terlalu penting, apalagi bagi mereka yang berkarya dengan tujuan untuk bersenang-senang. Tapi untuk beberapa musisi, penghargaan adalah sebuah simbol keberhasilan karya mereka yang diapresiasi dengan cara diberi penghargaan. Berikut tim Rock Nation bagikan info tentang penghargaan musik bergengsi di dunia.

Grammy Awards

Ajang Grammy Awards adalah acara yang tak mungkin dilewati oleh pecinta musik. Sebagai satu-satunya acara musik di musim penghargaan, Grammy Awards pun menjadi ajang tertinggi di dunia musik. Grammy Awards diadakan pertama kali pada 4 Mei 1959 oleh The Recording Academy untuk memberikan penghargaan kepada musisi yang terlibat di industri musik berbahasa Inggris.

Sebagai ajang tertinggi di bidang musik, Grammy menampilkan 14 genre yang masuk dalam industri. Tercatat, ajang ini memiliki empat kategori utama atau umum, 80 kategori lain, dan satu nominasi khusus. Empat kategori utama atau umum merupakan capaian tertinggi di Grammy dan tidak dibatasi oleh genre. Keempat kategori ini adalah Album of the Year, Record of the Year untuk penampil dan tim atas suatu single lagu, Song of the Year untuk penulis atau komponis suatu single lagu, dan Best New Artist.

Nomine dan pemenang Grammy Awards hanya dapat dipilih oleh anggota The Recording Academy yang terdiri dari penyanyi, penulis lagu, komposer, produser, manajer musik, dan profesi lainnya yang berkaitan. Total, diperkirakan The Recording Academy memiliki 20 ribu anggota



MTV Video Music Awards

MTV Video Music Award (VMA) adalah penghargaan dari channel MTV untuk orang-orang yang telah berkontribusi di industri musik. Bisa dibilang, ajang MTV Video Music Award ini menjadi alternatif lain dari penghargaan Grammy Award.

Ajang VMA pertama kali diselenggarakan tahun 1984 di Radio City Music Hall, New York dengan hadiah pertama berupa trophy berbentuk astronot yang disebut 'Moonman'. Barulah tahun 2006, ajang ini bisa disaksikan oleh para penonton lewat situs resmi MTV VMA.

World Music Awards

World Music Awards (WMA) adalah sebuah ajang penghargaan musik internasional yang dibentuk pada tahun 1989. Ajang tahunan bergengsi ini diberikan kepada para artis rekaman berdasarkan jumlah penjualan album musik terbanyak di dunia.

Keputusan pemenang penghargaan WMA ditentukan langsung oleh pihak Federation of Phonographic Industry (IFPI). Acara penghargaan musik kelas dunia ini telah disiarkan di lebih dari 160 negara, termasuk Indonesia (pada tahun 2008).

American Music Awards

Penghargaan musik bergengsi di dunia berikutnya adalah American Music Awards (AMAS). Ajang ini bersaing ketat dengan Grammy Award. Meski begitu, keduanya sama-sama memberikan cara berbeda dalam hal memberikan penghargaan kepada setiap seniman musik. Pertama kali, ajang penghargaan AMAS diadakan pada tahun 1974.

Nickelodeon Kids Choice Awards

Nickelodeon Kids’ Choice Awards sebenarnya bukan ajang penghargaan khusus musik saja, tapi ada beberapa kategori lain yang menjadi penilaian dalam ajang ini. Namun, Kids Choice Awards termasuk salah satu penghargaan musik bergengsi di dunia. 

Acara ini dikenal dengan pesta slime (cairan hijau) di sepanjang acara. Untuk pertama kalinya, Nickelodeon Kids’ Choice Awards dimulai sejak tahun 1988 pada bulan April. Sebagian besar penonton acara ini didominasi oleh anak-anak.

Polar Music Prize

Jika sains dan perdamaian memiliki piala Nobel sebagai penghargaan tertingginya, musik punya Polar Music Prize sebagai penghargaan tertinggi bagi mereka yang telah berdedikasi kepada musik.

Pemenang Polar Music Prize pertama kali adalah Paul McCartney dan Kesatuan Negara Baltic ditahun 1992. Paul McCartney dianggap memiliki dedikasi di dunia musik pop selama kurang lebih 30 tahun, sementara kesatuan negara Baltic (Lithuania, Latvia dan Estonia) dianggap memberikan dukungan positif musik nasional mereka untuk tampil di hadapan musik internasional.

Pemenang penghargaan ini berhak mendapatkan 1 juta krona Swedia, atau setara dengan 1,6 miliar rupiah. Hadiah itu pun diberikan langsung oleh Raja Swedia. Menurut catatan, sudah lebih dari 60 pemenang yang telah menerima penghargaan ini. Tahun ini penghargaan ini akan diadakan pada tanggal 22 Mei, setelah diundur dari jadwal awal yaitu 9 Juni 2020.



Golden Gods Awards

Golden Gods dihelat pertama kali pada tahun 2003 di Kentish Town Forum, London. Ajang penghargaan untuk para musisi-musisi hebat ini juga mempunyai sistem polling untuk mendapatkan pemenangnya, yaitu melalui situs resmi metalhammer.co.uk. Indonesia boleh berbangga untuk ajang penghargaan musik ini. Pasalnya, Burgerkill adalah perwakilan musisi asal Indonesia yang mampu menyabet penghargaan dalam Golden Gods Awards pada tahun 2013 untuk kategori “Metal as F*ck”.

Penulis : Bagus

Desain : Geordy