Jurnal

Musisi dan Sepak Bola image

Musisi dan Sepak Bola

Sepak bola memang menjadi magnet yang menyedot perhatian semua orang, tak terkecuali dari kalangan musisi. Terlebih, musik dan sepak bola sangat erat hubungannya sehingga banyak musisi mengidolakan sejumlah klub, pun begitu sebaliknya dengan para pemain. Berikut tim Rock Nation berikan beberapa musisi yang menjadi penggemar klub sepak bola, bahkan ada yang menjadi fans garis keras dari klub kesayangannya tersebut.

Noel & Liam Gallagher (Oasis) - Manchester City

Dua kakak beradik ini memang sangat terkenal penggemar gila sepak bola. Terbukti mereka berdua adalah fans sejati dari klub Manchester City dari liga Inggris. Tidak hanya itu, tembang lagu Oasis juga sering terdengar di stadion kebanggaan Manchester City, contohnya yang paling sering didendangkan adalah ‘Wonderwall’.

Bukti lainnya kalau mereka adalah fans sejati  Manchester City adalah ketika Noel bercerita ia pernah sampai menangis saat sang striker, Sergio Aguero mencetak gol kemenangan untuk tim berjulukan ‘The Citizen’ itu dan berhasil membawa mereka meraih titel juara liga Inggris.

Alex Turner (Arctic Monkey) - Sheffield Wednesday

Arctic Monkeys merupakan satu di antara grup musik rock paling populer saat ini. Vokalis mereka, Alex Turner, merupakan kiblat mode anak-anak muda di Inggris.

Besar di Kota Sheffield, Alex Turner dan kawan-kawan mendukung Sheffield Wednesday. Pemain bass, Nick O'Malley bahkan datang saat bencana Hillsborough terjadi. Alex Turner berkali-kali hadir di sana untuk mendukung Sheffield saat bertanding. Gitar serta pick yang dimiliki oleh Alex Turner juga bernuansa Sheffield Wednesday.

The Beatles - Liverpool

Kejayaan The Beatles pada dekade 1960 sampai 1970-an bisa disebut mewakili Liverpool, bahkan lebih dari klub sepakbola Liverpool itu sendiri. Lalu, kalau diperhatikan, ada keterkaitan antara fans Liverpool dengan musik The Beatles. Karena The Beatles berasal dari kota Liverpool, fans klub Liverpool sendiri pun secara otomatis mencintai The Beatles dan karya-karyanya.

Eric Clapton - West Bromwich Albion

Dalam dunia musik, nama Eric Clapton memang sudah sangat besar dan harum. Selain itu, ia juga disebut-sebut sebagai satu di antara banyak gitaris terbaik di dunia. Tapi, apa kalian tau kalau ia adalah penggemar sepak bola ? 

Pelantun lagu ‘Wonderful Tonight’ ini diketahui sebagai fans tim dari liga Inggris, yaitu West Bromwich Albion. Ia pun mengaku bahwa dirinya sering menghadiri pertandingan West Bromwich di kandang mereka yang dijuluki The Hawthorns.

Steve Harris (Iron Maiden) - West Ham United

Klub yang berbasis di London ini memang terkenal banyak memiliki pendukung dari kalangan selebriti. Tak terkecuali Steve Harris, dedengkot band heavy metal Inggris, Iron Maiden. Band yang telah terbentuk sejak 1975 silam memang berasal dari daerah Leyton di London Timur. Harris yang dahulu serius menggeluti sepak bola bahkan sempat dipilih seorang pencari bakat West Ham yang memintanya bermain untuk skuat muda The Hammers.

Namun, ketertarikannya yang lebih besar kepada Rock N' Roll membuat Harris memilih jalur bermusik. Di tengah nama besar Iron Maiden, Harris dan personil lain tetap sering menunjukkan mereka fans setia West Ham.

Ian Brown (The Stone Roses) - Manchester United

Vokalis The Stone Roses ini adalah fans setia Manchester United sejak masih kanak-kanak. Brown mengakui menjadi fans MU sejak 1968 silam kala Setan Merah memenangi Piala Europa Championship.

"Saya menjadi fan sejak MU memenangi Piala Eropa pada 29 Mei 1968. Adik perempuan saya lahir sehari sebelumnya, dan saya lahir 1963, jadi saya baru berusia lima tahun," ujar Brown kepada Guardian.

Johnny Rotten (Sex Pistols) - Arsenal

Pentolan band punk The Sex Pistols ini merupakan fans berat Arsenal. Pemilik nama asli John Joseph Lydon ini kerap terlihat mendukung langsung Arsenal bermain sejak masih bermarkas di Stadion Highbury.

Rotten bahkan kerap dimintai komentarnya oleh media Inggris mengenai sepak terjang Arsenal. Vokalis nyentrik ini pun tak segan mengkritik pedas, bahkan ia menyatakan jengah dengan manajer Arsene Wenger dan memintanya pergi dari Arsenal.

Andrea Bocelli - Inter Milan

Penyanyi opera legendaris asal Italia ini merupakan fan sepanjang masa Inter Milan. Bocelli bahkan menyatakan dirinya telah menjadi fans Nerazzurri sebelum ia mengalami kebutaan pada usia 12 tahun.

Suara emasnya membuat Bocelli pun beberapa kali tampil bernyanyi pada pembukaan final Liga Champions. Terakhir, penyanyi tenor ini berkesempatan tampil di King Power Stadium pada perayaan gelar juara Liga Primer Inggris yang diraih Leicester City.

Damon Albarn (Blur) - Chelsea

Pentolan Blur dan Gorillaz ini merupakan fan "die-hard" Chelsea sejak lama. Tak heran jika Damon sering tertangkap kamera sedang bersama para punggawa Chelsea.

Pada 2013, ia bahkan mengatakan sangat senang melihat Jose Mourinho kembali ke Stamford Bridge. "Saya sangat senang ia kembali, bagi kami ia adalah orang yang sangat spesial. Saya menemuinya dan saya sangat beruntung bisa bertemunya," ujar Damon.


Source : Hai.grid.id, Supermusic.id

Penulis : Bagus

Design : Geordy