Jurnal

Deretan Wanita Yang Digandeng Sebagai Vokalis image

Deretan Wanita Yang Digandeng Sebagai Vokalis

Sebuah band, selain dinilai dari musikalitasnya, tak dapat dipungkiri bahwa terkadang sex appeal atau daya tarik personelnya pun turut membantu kelangsungan karier band tersebut. Meski industri musik bukanlah sebuah ajang kecantikan layaknya Miss Universe, daya tarik fisik bukanlah sesuatu yang tabu untuk dijual dalam karyanya.

Tetapi anggapan bahwa wanita yang berada di dalam band dan menjadi anggota band hanya menjadi daya tarik saja tanpa mementingkan skill dan karyanya sangat salah. Karena banyak dari mereka yang malah menjadi faktor X dari band tersebut. Berikut tim Rock sajikan 9 band rock dan metal dengan vokalis wanita.

 

Arch Enemy : Angela Gossow

Angela Nathalie Gossow, namanya melejit berkat kualitas vokalnya di band melodic death metal asal Jerman, Arch Enemy. Band yang terbentuk pada tahun 1995 ini memang dikenal dengan sang vokalis wanita, Angela Gossow yang bisa membakar suasana saat di atas panggung. Arch Enemy kini telah berganti vokalis dikarenakan Angela Gossow memutuskan untuk keluar dari Arch Enemy dan sekarang telah digantikan oleh Alissa White Gluz, dari The Agonist. Alissa pun memiliki teknik vokal yang tidak kalah garangnya dengan Angela, ditambah Alissa juga bisa memberikan energinya ke penonton saat di atas panggung.

 

The Pretty Reckless : Taylor Momsen

Tak ada yang tak kenal Taylor Momsen. Salah satu aktris dalam serial `Gossip Girl` ini memutuskan untuk mengikuti passion musiknya dan banting setir dari dunia akting ke musik. Ia pun membentuk band rock bernama The Pretty Reckless. Beberapa karyanya yang sangat dicintai oleh penggemarnya seperti Why’d You Bring A Shotgun To The Party’, ‘Absolution’, atau ‘Heaven Knows’. Di tahun 2020 ini, The Pretty Reckless juga telah mengeluarkan beberapa single, seperti ‘25’, ‘Death by Rock n’ Roll’, dan ‘Broomstick’

 

Hole : Courtney Love

Courtney Love adalah istri dari mendiang Kurt Cobain, sang vokalis dari band grunge ternama, Nirvana. Courtney yang kini berusia 56 tahun pernah tergabung dalam band Hole, sebuah band yang cukup tenar di tahun 1990-an, era dimana musik grunge sedang di puncak kejayaannya. Selain karena musiknya, Courtney Love juga dikenal karena kelakuan gilanya. Ia pernah beberapa kali memperlihatkan payudaranya saat konser, juga dalam sebuah talkshow televisi beberapa waktu silam. 

No Doubt : Gwen Stefani

Tak ada yang tak kenal Gwen Stefani. Vokalis No Doubt ini, selain sukses bersama bandnya tersebut, ia juga sukses dengan karir solonya. Tak hanya itu, Gwen juga seorang entrepreneur dan fashion designer. Merk pakaiannya, L.A.M.B dan Harajuku Lovers, terbilang cukup sukses di pasaran. Salah satu lagunya yang sangat terkenal kala bersama No Doubt adalah Don’t Speak.

 

Blondie : Debbie Harry

Deborah Ann "Debbie" Harry adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan aktris asal Amerika, sering dikenal sebagai penyanyi utama dari band punk rock, Blondie. Dia juga menerima kesuksesan sebagai artis solo, dan pada pertengahan 1990-an dia menampilkan dan merekam sebagai bagian dari The Jazz Passenger. Karier aktingnya rentang lebih dari tiga puluh perang film dan penampilan televisi.

Pada akhir 1960-an, Harry memulai karir musiknya sebagai penyanyi latar untuk grup rock folk The Wind in the Willows, yang merilis album eponim pada tahun 1968 di Capitol Records. Pada tahun 1974, Harry bergabung dengan Stiletto bersama Elda Gentile dan Amanda Jones. Tak lama kemudian, band ini menambahkan gitaris Chris Stein, yang menjadi pacarnya. Dalam memoarnya, Face It, Harry menggambarkan telah diperkosa dengan pisau selama perampokan rumah yang dia tinggali bersama Stein.

Setelah meninggalkan Stiletto, Harry dan Stein membentuk Angel and the Snake bersama Tish Bellomo dan Snooky Bellomo. Tak lama kemudian, Harry dan Stein membentuk Blondie, dinamakan Blondie berdasarkan nama pria catcall yang sering diarahkan pada Harry setelah dia memutihkan rambutnya menjadi pirang. Akhirnya Blondie dengan cepat menjadi band tetap di Max's Kansas City dan CBGB di New York City.

 

Joan Jett & The Blackhearts : Joan Jett

Jett terkenal karena karyanya sebagai frontwoman dari bandnya Joan Jett & the Blackhearts, dan untuk sebelumnya mendirikan dan tampil dengan The Runaways, yang merekam dan merilis lagu hit 'Cherry Bomb'. 

Versi Blackhearts dari lagu 'I Love Rock 'n Roll' adalah nomor satu di Billboard Hot 100 selama tujuh minggu pada tahun 1982. Lagu terkenal Jett lainnya termasuk 'Bad Reputation', 'Crimson and Clover', dan 'Do You Wanna Touch Me (Oh Yeah)'. Dia memiliki tiga album yang telah disertifikasi platinum atau emas, dan telah menjadi ikon feminis sepanjang karirnya.

 

Source : Rolling Stone, Loudwire

 

Penulis : Bagus

Desain : Gilang