Jurnal

Aksi Kontroversial Rockstar Mancanegara image

Aksi Kontroversial Rockstar Mancanegara

Menjadi seorang rockstar memang tidak semudah apa yang dibayangkan pada awalnya. Bergelimang harta dan dikelilingi banyak teman, bukan menjadi jaminan kalian akan tenang. Tentunya saat terkenal, seorang rockstar juga memiliki banyak fans dan pastinya tanggung jawab atas apa yang ia perbuat di depan khalayak umum.

Banyak tokoh rockstar terkenal yang tertegun dengan situasi tersebut. Banyak juga di antara mereka yang melakukan hal-hal yang menimbulkan kontroversi di dunia. Berikut kami hadirkan beberapa aksi kontroversial yang dilakukan para rockstar mancanegara. 


1. Randy Blythe Melempar Fansnya Hingga Meninggal

24 Mei 2010, Lamb of God mengadakan konsernya di Prague, Republik Ceko. Pada konsernya kali itu, Randy Blythe sang vokalis lepas kendali dan melempar salah satu fansnya hingga tersungkur. Lalu, pada 28 Juni 2012, Randy dinyatakan bersalah dan harus menghadapi panggilan sidang di Ceko karena tindakannya itu membuat nyawa fans mudanya (19 tahun) itu hilang. Akhirnya Randy dibebaskan dengan harus membayar sebesar 125 ribu poundsterling, atau setara dengan 1,8 milyar rupiah dan ia juga harus menetap beberapa saat di Ceko.

2. Keith Richard Menghirup Abu Jenazah Ayahnya

Keith Richard pernah ditangkap pihak berwajib karena kasus kepemilikan obat terlarang dalam banyak kesempatan selama hidupnya. Seperti pada tahun 1979, rumahnya dibobol polisi dan Keith pun kedapatan memiliki ganja, heroin, tablet mandrax, senapan, dan pistol. Pada usianya yang ke 59 tahun, ia menuliskan fakta bahwa ia pernah menghirup abu jenazah ayahnya yang dituliskannya dalam buku otobiografinya berjudul ‘Life’.

3. Ozzy Osbourne Menggigit Kepala Kelelawar Di atas Panggung

Gelar ‘Pangeran Kegelapan’ selalu identik dengan sosok dedengkot heavy metal Ozzy Osbourne. Segala kontroversi sempat menyelimuti kehidupan pribadi mantan vokalis Black Sabbath tersebut. Salah satu aksi kontroversial yang akan selalu dikenang di jagat skena rock adalah ketika ia tak sengaja menggigit kepala seekor kelelawar hingga putus pada sebuah konser mempromosikan album solonya Blizzard of Ozz di 1980.

4. Steven Tyler menghabiskan 6 juta Dollar Amerika Hanya Untuk Narkoba

Vokalis grup rock Aerosmith, Steven Tyler, dalam sebuah wawancara di 2013 mengungkapkan hal mencengangkan. Steven membeberkan fakta mengenai nominal uang yang ia habiskan semasa menjadi pecandu narkoba. Tak tanggung-tanggung, ayah aktris Liv Tyler ini telah menggelontorkan uang hingga USD 6 juta untuk membeli narkoba. Tyler memang dikenal mengalami masa-masa kelam ketika harus jatuh ke jurang narkotika di 1970. Akibat keranjingannya pada narkoba, kata toxic, yang berarti racun sering disematkan di tengah nama lengkapnya.

5. Aksi Protes Telanjang Rage Against The Machine

Di sepanjang dekade 90-an, RATM dikenal sebagai salah satu band rock paling kritis soal politik dan sosial. Tom Morello dkk sering tampil dalam acara Regeneracion, serta aktif mendukung pembebasan Leonard Peltier, seorang aktivis Indian-Amerika dan Mumia Abu-Jamal, jurnalis dan mantan anggota Black Panther. Namun di antara aktivitas politik yang RATM lakukan, paling diingat adalah ketika mereka tampil telanjang di festival akbar Lollapalooza pada 1993. Keempat personil RATM menutup mulut dengan lakban hitam dan kata P-M-R-C (Parents Music Resource Center) yang tertulis di dada mereka masing-masing, sebagai bentuk protes anti-penyensoran.

6. David Bowie Salam Fasis

Penyanyi legendaris asal Inggris, David Bowie mengejutkan dunia ketika tiba-tiba melakukan salam khas penganut fasis seperti sering dilakukan Adolf Hitler dan Benito Mussolini di hadapan penggemarnya. Kontroversi mengejutkan itu terjadi pada konsernya di tahun 1976. Belakangan diakui gerakan itu hanya sebuah proses peregangan tangan oleh David Bowie.

7. Axl Rose Menyerang Penggemarnya Secara Brutal

Kehadiran Axl Rose dengan bandnya Guns n Roses di blantika musik rock dunia memang sangat fenomenal. Fenomena itu pun tentunya membuat Rose dan GNR memiliki banyak fans di seluruh dunia. Tetapi, hal itu merupakan hal yang tidak disukai oleh Rose, terlebih mereka selalu digandrungi oleh fans fanatik di sekeliling mereka. Di salah satu konser Guns n Roses,  Axl kedapatan menghajar seorang fans beratnya secara membabi buta, dikarenakan Rose keberatan untuk difoto saat itu.

8. John Lennon Berkata “The Beatles lebih populer dari Yesus”

Sebuah pernyataan kontroversial pernah diucapkan oleh seorang John Lennon di surat kabar pada 1966 lalu. Kala itu, nama The Beatles tengah berkibar jadi fenomena di jagat musik dunia. Bahkan ia terang-terangan menyebut bahwa The Beatles lebih populer dari Yesus. Bukan tanpa alasan, di masa jayanya itu The Beatles menjadi panutan muda-mudi di seantero dunia. Namun pernyataan nyelenehnya tersebut tentu menuai kecaman dari berbagai pihak. The Beatles mendapat ancaman serius. Album-album mereka dibakar, lalu di tiap konser seruan boikot silih berdatangan. Melihat situasi yang sudah tak lagi kondusif, John Lennon pun akhirnya meminta maaf di depan publik dan menarik perkataan kontroversialnya.

9. GG Allin Lempar Kotorannya Ke Penonton

Jika kalian bertanya siapa musisi paling menjijikkan dalam lanskap rock ? Tentu jawabannya akan mengarah ke sosok bengal bernama GG Allin. Tingkah laku tak senonoh kerap menghiasi kehidupan sehari-hari maupun saat dirinya menyuguhkan aksi gila di panggung. Puncaknya adalah ketika ia lepas kontrol, mulai membuang air seni dan buang hajat di atas panggung. Saat itu, dengan entengnya ia lempar tinja-tinjanya ke hadapan para penonton. Tak pelak, para kerumunan crowd pun berlarian menghindari Allin. Lepas dari kejadian tersebut, nama GG Allin kian mencuat lantaran tingkah amoralnya



Penulis : Bagus

Desain : Gilang