Jurnal

Musisi Lokal Pengisi Soundtrack Film Box Office image

Musisi Lokal Pengisi Soundtrack Film Box Office

Menjadi pengisi soundtrack untuk sebuah film kadang menjadi target untuk beberapa musisi atau band. Tapi jika mendapat kesempatan untuk menjadi pengisi soundtrack sebuah film hollywood dan film tersebut masuk kedalam box office, kenapa tidak ? 

Banyak dari musisi internasional yang memang sudah dilirik production house untuk menjadi pengisi soundtrack film box office. Selain itu, film layar lebar juga biasanya dijadikan ajang promosi lagu maupun album untuk mereka para musisi. Tapi, apa kalian tau bahwa beberapa musisi dalam negeri juga pernah mengisi film-film box office yang terkenal ?


/rif : Dunia (Spider Man 2002)

doc.LAzone.id

Band rock tanah air ini terkenal dengan singlenya yang berjudul “Radja”. Tetapi apa kalian tau mereka pernah menjadi salah satu pengisi soundtrack untuk film Spider Man ? Jika kalian fans berat /rif, pastinya kalian sadar mereka pernah menyelipkan lagu berjudul ‘Dunia’’ pada film tersebut.

Andi /rif pun sebagai sang vokalis mengaku sangat terkejut single ‘Dunia’ bisa melangkah sejauh itu dan bisa masuk ke dalam album kompilasi soundtrack Spider Man pada tahun 2002. /rif juga semakin membuat harum nama Indonesia yang kala itu bersanding dengan band-band papan atas, seperti Sum 41 dan band legendaris asal Amerika, Aerosmith.

Edane : Cry Out (Spider Man 2)

doc. MusiKeras.com

Setelah rif/ yang menemani soundtrack si manusia laba-laba pertama, sekarang giliran band rock asal Jakarta, Edane, yang berhasil masuk ke dalam album kompilasi soundtrack film Spider Man 2. 

Pada film sekuel Spider Man yang kedua ini, Edane menciptakan sebuah lagu dengan tajuk “Cry Out”. Lagu dengan bahasa campuran Inggris-Indonesia ini memang terdengar awam di telinga masyarakat Indonesia, tetapi lagu itu mampu meyakinkan banyak pihak bahwa lagu ini juga berhak menemani Spider Man, Tobey Maguire, untuk menjadi salah satu soundtracknya. 

Rich Brian : Kids (The Invisible Man)

doc. scpm.com

Lagu berjudul ‘Kids’ ini memang sudah dirilis dalam albumnya dengan tajuk ‘The Sailors’ pada pertengahan tahun 2019 lalu. Rapper muda ini juga tidak menyangka bahwa lagunya berhasil dipilih untuk mengisi soundtrack salah satu film yang dirilis Universal Pictures, yaitu ‘The Invisible Man’.

The Invisible Man telah dirilis pada Februari 2020 lalu, dan lewat akun Twitter resminya, Rich Brian mengaku bangga bahwa lagunya bisa mengisi soundtrack film sebesar The Invisible Man.

Raisa : Mimpi Adalah Harapan Hati (OST Cinderella)

doc.amarbank.co.id

Pada tahun 2015, Raisa juga pernah digandeng langsung oleh Disney untuk mengisi soundtrack disalah satu filmnya, yaitu Cinderella. Film live action dari animasi terkenal ini memang sangat populer, apalagi dengan aktor dan aktris ternama, seperti Cate Blanchett, Lily James, dan Richard Madden.

Single berjudul “Mimpi Harapan Hati” ini adalah hasil daur ulang dari lagu yang berjudul “A Dream Is a Wish Your Heart Makes”. Aransemen ulang dengan balutan musik klasik, ditambah dengan suara indah Raisa, membuat lagu ini semakin klop dengan film tersebut.

Anggun : Savior (OST Transporter 2)

doc. kapanlagi.com

Siapa yang tak mengenal penyanyi satu ini ? Anggun C. Sasmi memang sudah lama melanglang buana di dunia tarik suara Indonesia. Digadang-gadang sebagai ‘Lady Rocker’ Indonesia, ia pun membuktikannya dengan berhasil mengisi salah satu film box office berjudul ‘Transporter 2’ pada tahun 2005 lalu.

Dengan lagu berjudul ‘Savior’ ia berhasil menjadi salah satu pengisi soundtrack di film tersebut. Setelah didendangkan di film Transporter 2, lagu ‘Saviour’ diterjemahkan dalam Bahasa Prancis dan Indonesia. Di Indonesia, lagu itu kita dengar dengan judul ‘Mantra’, sementara di Prancis dikenal dengan judul ‘Cesse La Pluie’.


Boomerang : Bebas Hambatan (Tomb Raider 2 2003)

doc. minews.co.id

Selain jadi panggung penting bagi sang aktris, Angelina Jolie, Tomb Raider : Cradle of Life juga menjadi panggung penting bagi karir band rock asal Surabaya satu ini.

Boomerang memang tidak beraksi langsung di film Tomb Raider : Cradle of Life, tetapi mereka adalah salah satu musisi yang berperan sebagai pengisi soundtrack pada film ini. Dengan lagu berjudul ‘Bebas Hambatan’, lagu ini memang sengaja hanya diputar secara khusus untuk bioskop-bioskop di kawasan Asia saja.

Payung Teduh : Sebuah Lagu (Ralph Breaks The Internet)

doc. Antara News Jateng

 

Band indie folk tanah air Payung Teduh juga tidak ketinggalan untuk mengisi soundtrack film ternama, yaitu Ralph Breaks The Internet atau Wreck It Ralph 2. Film yang telah dirilis tahun 2018 ini memang sangat ditunggu masyarakat Indonesia, bukan hanya karena filmnya yang bagus, tetapi masyarakat Indonesia juga pastinya penasaran akan hasil karya Payung Teduh di film ini. 

Lagu berjudul “Sebuah Lagu” ini memang tidak hadir di tengah-tengah film, melainkan pada end credit title scene. Sebuah Lagu, juga diciptakan Payung Teduh sebagai penggambaran dari hangatnya persahabatan dari Ralph dan Vanellope yang telah terjalin dari film Wreck It Ralph pertama. Lagu dari Payung Teduh ini memang ditayangkan khusus untuk penonton di bioskop-bioskop Indonesia dan Malaysia saja ternyata.

Penulis : Bagus

Desain : Gilang