Jurnal

10 Artwork Cover Album Yang Fenomenal image

10 Artwork Cover Album Yang Fenomenal


Para musisi melewati beberapa tahap untuk mempersiapkan dan menyebarkan karya-karyanya. Mulai dari pengumpulan ide, penulisan lagu, perekaman, hingga ke tahap yang paling artistik yaitu. Album cover dibuat sedemikian rupa guna memberi korelasi terhadap lagu-lagu yang dihasilkan. Bahkan beberapa musisi, memberi goresan nilai-nilai di dalam illustrasi album cover mereka.

Artwork pada album cover bisa menjadi kontroversial dan menjadi icon sepanjang masa. Nah berikut ini adalah 10 Artwork pada album cover yang menjadi fenomenal.

10. Run The Jewel’s – Run The Jewel’s 2


Tangan kanan membentuk senjata, mengarah kepada tangan kiri yang terkepal erat menggenggam seutas rantai. Begitulah gambaran artwork cover album duo American hip-hop tersebut. Sebagai orang yang bertanggung jawab, Nick Gazin mengaku hanya itu yang ada di pikirannya ketika Killer Mike dan El-P meminta dirinya untuk membuatkan illustrasi album baru mereka.

Sebagai musisi yang konsisten dengan lirik-lirik perlawana, Run The Jewels berhasil menarik perhatian pecinta musik  dan menjadi salah satu lambang propaganda Amerika.

9. Gorrilaz – Demon Days

Nama Jamie Hewlett sudah tidak asing lagi di telinga, Ia adalah seorang Comic Book Artis dan Designer yang telah menciptakan karakter Gorillaz bersama Damon Albarn. Illustrasi pada album Demon Days (2005) menceritakan bagaimana ke 4 Karakter Gorillaz mulai tumbuh dewasa. Artwork tersebut terinsipirasi dari Humanz’s art 12 tahun silam.

8. The Smashing Pumpkins – Mellon Collie and The Infinite Sadness


John Craig berusaha meng-illustrasikan semua lagu yang ada pada album Mellon Collie and The Infinite Sadness. Menggunakan indra perasanya sebagai seorang seniman, John Craig mampu menciptakan karya dengan aura melankolis, anggun, dengan berusaha menceritakn sisi keterasingan seorang pemuda. Artwork ini memiliki korelasi dengan 28 track The Smashing Pumpkins.

7. Manic Street Preachers – Journal For Plague Lovers


Manic Street Preachers sepertinya tidak salah memilih Jenny Saville sebagai orang yang mengillustrasikan cover albumnya. Jenny Saville adalah seorang pelukis asal inggris, wanita kelahiran 1970 itu menuangkan segala fikirannya demi karya yang mengagumkan. Tetapi karya ini diberi nilai buruk oleh beberapa orang karena artworknya yang sedikit menakutkan

6. Kanye West - My Beautiful Dark Twisted Fantasy


Karya George Condo ini memang penuh dengan kontroversi. Cover Album ini memperlihatkan  bagaimana Kanye West menikmati tidurnya bersama Gadis Phoenix tanpa menggunakan sehelai pakaian dengan warna kulit gelapnya Kanye menggenggam botol minuman tertindih oleh Dominican Phoenix tersebut. Rapper asal Amerika ini memang tidak berhenti menarik perhatian para penikmat musik dunia.

5. Iron Maiden – Number Of The Beast



Artwork
karya Derek Riggs ini tidak hanya populer sebatas album cover, namun gambar dua makhluk menyeramkan itu pun populer utuk merchandise Iron Maiden. Dengan judul Number Of The Beast, artwork ini populer hingga saat ini di belahan dunia manapun, apalagi bagi pecinta Heavy Metal.

4. Pink Floyd - The Dark Side Of The Moon


Pink Floyd - Dark Side Of The Moon menjadi Best Album Cover Of All The Time di urutan ke 6 versi Billboard. Album pertama dari band Phycedelic Rock asal Inggris ini memang sudah menjadi puncak ketenarannya. Kelompok seniman asal London berhasil menghasilkan illustrasi terbaik sepanjang masa, kelompok ini dikenal dengan sebutan Hipgnosis. Strom Thirgerson dan Aubrey Powell adalah dua nama yang berperan dalam karya-karya Hipgnosis. Project The Dark Side Of The Moon dikerjakan sekitaran tahun 1973, Illustrasi ini terlihat sederhana dengan warna spectrum melewati segitiga.

3. Joy Division, Unknown Pleasures


Beberapa ahli seni mengakui nilai artistik pada album cover Joy Division – Unknown Pleasures. Illustrasi tersebut dibuat oleh Peter Saville pada tahun 1979. Artwork tersebut terlihat sederhana, sebuah gelombang pada bagian tengahnya membentuk pegunungan. Di Indonesia sendiri, begitu banyak Illustrator yang memplesetkan artwork tersebut

2. The Velvet Underground And Nico

Andy Warhol adalah seorang seniman multi talent, ketika ia memproduseri album The Velvet Underground And Nico, Andi Warhol menghasilkan sebuah karya yang kontroversial karna memiliki makna yang erotis pada masa itu. Artwork album tersebut berbentuk pisang dengan watermark Andy Warhol dibagian sudut kanan bawahnya. Billboard memberi rating no 1 untuk artwork album cover ini.

1. The Beatles, Sgt. Pepper’s Lonely Heart Club Band


Jann Haworth dan Peter Blake memenangkan Grammy Award untuk kategori seni grafis, best album cover pada tahun 1967. Karya itu merupakan Album Cover group musik legenda asal Liverpoll, The Beatles. Illustrasi ini berisi sekitar 71 tokoh dunia yang dipilih oleh personil The Beatles, mulai dari ilmuan, seniman, hingga tokoh politik yang menurut mereka berpengaruh sepanjang masa. Bahkan The Beatles ingin menampilkan Hitler dan Jesus Cristus di dalam