Jurnal

6  Musisi Yang Pernah Melakukan Aksi Nude On Stage image

6 Musisi Yang Pernah Melakukan Aksi Nude On Stage

Pernahkah kalian mendengar istilah Clothing Optional? Clothing Optional adalah istilah yang digunakan oleh kaum Naturis/Nudis atau lebih tepatnya, orang-orang yang memilih hidup tanpa busana. Perancis tercatat sebagai salah satu pemilik kultur Naturist terbesar di dunia.

Lalu apa jadinya jika beberapa musisi di dunia pernah melakukan hal tersebut di atas panggung, ada yang berpendapat sebagai tindakan erotisme, ada juga yang berpendapat hanya sebuah lelucon, dan ada juga yang berpendapat nude on stage adalah sebagai bentuk protes. Nah, dibawah ini adalah beberapa musisi yang pernah beraksi tanpa busana di atas panggung.

1. Red Hot Chilli Peppers

Band dengan genre Funk Rock ini memang tak habis-habisnya menghancurkan setiap crowd yang mereka singgahi. Tampil tanpa busana bukanlah aksi kali pertama bagi mereka. Mulai dari tahun 80an, Anthony Kiedis, Flea, Hillel Slovak dan Jack Irons telah beraksi Nude On Stage dengan konsep Sock On Cock. Jadi kebayang kan, mereka tanpa busana lalu menutupi alat vital menggunakan kaos kaki.

2. Rage Against The Machine

Perspektif dan karakter panggung yang mengarah kepada gerakan, membuat band Hip-Metal asal Amerika ini menjadi band yang cukup disegani di skena musik dan aktivisme. Lembaga besar di Amerika Serikat berusaha membatasi kebebasan musisi dalam menulis lirik, membuat kuartet asal Amerika ini melakukan aksi diam tanpa busana di philadelphia tahun 1993.

3. Blink 182

Bagi yang telah menonton Video Klip Blink 182 - Whats Me Age Against, sudah tidak asing lagi dengan trio pop punk asal Amerika Serikat ini. Mark Hoppus, Tome Delonge dan Travis Barker berlarian mengelilingi kota tanpa busana. Lalu berakhir dengan pertemuannya dengan suster cantik dengan potongan tubuh yang terlihat menggoda. Tidak hanya itu, nude on stage juga pernah dilakukannya dalam acara MTV pada tahun 1999 silam.

4. Courtney Love

Beberapa orang berpendapat bahwa Courtney Love lebih pantas dihargai sebagai seorang seniman visual dengan segala kontroversinya. Courtney Love menjadi salah satu role model lady grunge dunia, disalah satu konsernya, Courtney tampil dengan tanpa busana lalu enjoy menyanyikan lagu-lagunya. Tove Lo merupakan salah satu musisi yang terinspirasi dari Courtney, dan aksi nude on stage juga pernah ia dilakukan ketika membawakan lagu Talking Body.

5. Iggy Pop

Jame Newell Osterberg Jr, atau yang sering kita kenal dengan Iggy Pop. Pria yang telah mengklaim sebagai pencetus stage a dive ini memang berkarakter liar. Ketika konsernya di Olympia, iggy tampil dengan celana melorot hingga lutut. Hingga akhir konser pria bertubuh ramping itu enjoy menyelesaikan panggungnya.

6. GG Allin

Kesan menggelikan telah melekat dalam karakter GG Allin, perihal tanpa busana sepertinya adalah hal yang biasa, bahkan GG Allin pernah melakukan tindakan yang lebih gila ketimbang nude on stage. Terkenal dengan musik Punk Rock, Jeje sapaan kecil pria berkepala plontos ini kerap tampil tanpa busana dan beringas ketika beraksi di atas panggung. Dan alhasil hingga hari ini namanya menjadi legenda punk rock dunia.

Penulis : Mariyos
Design : Gilang