Jurnal

10 Shoes Brand Collaboration With Artist image

10 Shoes Brand Collaboration With Artist

Beberapa minggu lalu, Vans bersama Metallica merilis sepatu hasil collabs mereka yang berwujud Vans Classic Slip On dan Sk8-Hi Reissue. Sepatu ini diberi harga sekitar 1,2 dan 2,4 juta. Benar saja, kabar ini sampai ke telinga para kolektor dan para penggemar Metallica, dalam hitungan jam sepatu tersebut sold out di gerai official Vans disalah satu mall Jakarta.

Fenomena ini sungguh menarik, ketika brand spokat ternama berkolaborasi dengan band besar, lalu mampu menarik perhatian para pecandu sepatu original. Nah, melihat kembali kebelakang, mari kita intip lagi, beberapa perusahaan sepatu yang pernah berkolaborasi dengan Band-band besar dunia, siapa tahu beberapa list dibawah ini merupakan salah satu koleksimu.

1. The Beatles x Vans

Di tahun 1968, sebuah lagu berjudul Yellow Submarine populer di seluruh dunia, lagu ciptaan Jhon Lennon ini sukses dibawakan bersama The Beatles. Ditahun 2014 lalu, Vans berkolaborasi bersama The Beatles menghasilkan sepatu yang diberi nama The Beatles Yellow Submarine x Vans Collection. Sepatu ini di design dengan beberapa warna yang menarik.

2. Iron Maiden x Vans

Pecinta Heavy Metal tak luput menjadi sasaran Vans. Dengan merilis sepatu berbentuk Slip-on dan Sk8-Hi, Vans berkolaborasi bersama Iron Maiden dan menghasilkan karya yang menarik perhatian jutaan orang di dunia, sepatu ini dirilis sekitar tahun 2012 lalu.

3. Pearl Jam x Vans

Pearl Jam, Band Rock dengan distorsi beraroma grunge ini juga pernah merilis sepatu bersama Vans, berbentuk Sk8-Hi,  sepatu ini dirilis ditahun 2011 bertepatan dengan 20 tahun anniversary debut album ten.

4. Bad Brains x Vans

Band hardcore punk asal Washington ini sudah tidak diragukan lagi untuk masalah kiprah bermusiknya, menggunakan t-shirt bertuliskan Bad Brains saja, pasti menjadi daya tarik bagi mereka yang menggeluti skena Hardcore Punk, lalu bagaimana jika kamu memiliki salah satu sepatu hasil kolaborasi mereka bersama Vans dan brand yang akhir - akhir ini menjadi hype, yaitu Supreme.

5. Motorhead x Vans

Masih di produksi oleh perusahaan penghasil sepatu para skateboarder, kali ini Vans berkolaborasi bersama Motorhead. Kebayang, Motorhead yang bergenre heavy metal dengan suara Lemmy yang ngebass, berkolaborasi dengan Vans, dan menghasilkan sepatu bertajuk Motorhead Rowley Pro.

6. Sex Pistols x Vans

Dibalik nge-punk Sex Pistol, Vans berhasil merubah image Sex Pistol menjadi lebih berwarna melalui produk sepatunya. Sex Pistol Rowley Style ’99 resmi di release pada tahun 2010.

7. Black Sabbath x Converse

Tidak usah Paranoid jika mendengar kabar bahwa Black Sabbath berkolaborasi dengan Converse. Berbentuk Chuck Taylor, sepatu hasil kolaborasi ini telah disebar luaskan pada tahun 2014, dengan beberapa koleksi seperti Paranoid, Never Say Die dan Vol4.

8. Ramones x Converse

Ramones juga mengambil bagian di dunia per-sepatuan, menjadi salah satu kiblat musik punk dunia, tidak akan butuh waktu lama untuk menarik perhatian dengan produk kolaborasinya bersama Converse. Dengan tajuk Ramones Chuck Tyalor, sepatu ini telah mewakili karakter Ramones.

9. Gorillaz x Converse

Gorillaz menampilkan sesuatu yang beda, kali ini design sepatu kolaborasinya bersama Converse merupakan hasil karya illustrator Gorillaz itu sendiri yaitu Jamie Hewlett. Dengan tajuk  Gorillaz Chuck Taylor Collection, sepatu ini di release pada tahun 2012 silam.

10. Dinosaur Jr x Nike

Jika Vans dan Converse berkolaborasi dengan musisi dunia, bagaimana dengan brand yang terkenal dengan produk olahraganya, lalu berkolaborasi dengan musisi – musisi dunia. Yap!, Nike yang merupakan brand besar Amerika ini berkolaborasi dengan Dinosaur jr, band rock alternative ini merilis sepatu tersebut pada tahun 2007 dengan nama Dinosaur Jr Dunk Hi.

Nike tidak hanya berkolaborasi dengan Dinosaur Jr, beberapa band rock juga pernah menyelesaikan produkan sepatu bersama Nike, seperti Deftones, Melvins dan UNKLE.

Dari beberapa kolaborasi brand sepatu popular tersebut, kolaborasi mana yang menjadi jagoan mu?