Jack White Sajikan Konser 100% Human Experience

by Mariyos A.F; Illustrasi oleh Gilang F on Jan 29, 2018

Tidak dipungkiri lagi, seorang penghibur membutuhkan pertunjukan yang khusyuk, mulai dari kesempurnaan panggung, sound system yang nyaris tanpa noise , keamanan yang terjaga dan segala urusan teknis lainnya yang telah dipersiapkan dengan matang.

Baru-baru ini Jhon Anthony Gillis, atau yang sering kita kenal dengan Jack White. Pria yang pernah membentuk group The White Stripes bersama istrinya ini mengumumkan kepada penggemar bahwa di konsernya nanti tidak dipersilahkan untuk menggunakan ponsel dan kamera.

Jack White akan menjalankan serangkaian konser di Amerika dalam rangka mempromosikan album terbarunya yang berjudul Boarding House Reach. Mengenai larangan penggunaan ponsel dan kamera selama konser, sejumlah penggemar Jack White merasa kecewa, karena banyak dari mereka ingin mengabadikan konser tersebut secara pribadi dan membagikannya di media sosial.

Menanggapi kekecewaan penggemarnya, Jack white bersama promotor telah mempersiapkan solusinya. Konser dapat disaksikan nantinya di situs resmi Jack White beserta foto-foto orisinil selama konser berlangsung.

Ketika Jack White menggelar konser bersama The White Stripes, mereka merasa heran, dari extra keras pertunjukan yang mereka hadiahkan kepada pengunjung, beberapa pengunjung tidak sempat memberikan tepuk tangan lantaran ponsel yang masih mereka genggam.

Sungguh, Jack White merupakan seorang yang perfectionist, dari beberapa panggung konser yang telah ia selesaikan, semuanya terlihat begitu matang. Padanan suara sang backing vocal yang rapi dan juga maksimalnya sound effect yang dihasilkan, menjadikan sebuah tindakan yang sia-sia jika melewatkan aksi Jack White dengan hanya merekam selama pertunjukan.

Jack White bukan orang pertama yang menginginkan konser  dengan tingkat kesempurnaan yang tinggi. Sebelumnya sederet musisi dunia juga menginginkan konser yang bersih dari ponsel dan kamera. Hal tersebut tidak lain karena mereka ingin pertunjukan dinikmati secara langsung, bukannya sibuk merekam dan lupa untuk menikmatinya.

Sebut saja Adele, wanita yang terkenal dengan lagu “Someone Like You” ini bahkan tak segan menghentikan konser ketika melihat beberapa penonton hanya sibuk merekammnya. Adele ingin disaksikan secara nyata, kejadian yang terjadi ditahun 2016 itu menjadi hal yang kontroversial, Adele bahkan berani mengusir para penonton yang tidak ingin menikmati pertunjukannya.

Alicia Keys, musisi cerdas ini menggunakan cara yang berbeda, dan saat ini cara tersebut telah banyak digunakan oleh penyelenggara konser. Pada konser Alicia Keys, panitia menyediakan sebuah produk modern berbentuk pouch ponsel yang berfungsi sebagai sarung ponsel dengan system keamanan, yang nantinya tidak akan bisa dibuka selama konser berlangsung.